Review Motor CBR 150R 2021

All New Honda CBR 150R Tricolor

April 15, 2021

Memperkenalkan Motor CBR 150R Tricolor Terbaru dari Honda

CBR150R Tricolor hadir dengan design terbaru lebih sporty dan speedy shape serta dilengkapi fitur-fitur terbaru dan teknologi canggih sehingga cocok untuk melaju di jalanan perkotaan dengan jiwa Total Control.

Gimana menurut Anda motor sport full fairing terbaru ini? Mau tahu apa kelebihannya dari edisi sebelumnya? Simak artikel ini sampai habis ya!


Review Motor CBR 150R Tricolor | 2021

Bali – Sepeda Motor Indonesia (SMI) bersama Edward Speirs mendapat kesempatan mengulas secara langsung detail dari Honda CBR 150R Tricolor. Mulai dari desain & fitur terbaru hingga performa mesin yang perlu riders ketahui.

Berbicara soal fenomena motor sport full fairing memang tidak ada habisnya. PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan motor sport terbarunya dengan karakter racing yang mempunyai sejumlah daya tarik baru. Motor ini merupakan rilisan terbaru dari perusahaan asal Negeri Sakura yang meluncur pada tahun 2021

Konsep ”Total Control” yang menjadi dasar pengembangan pada setiap bagian pada sepeda motor sport ini. Untuk selengkapnya, Bapak Lanang dari Astra Motor akan membantu Sepeda Motor Indonesia menjelaskan secara menyeluruh semua hal yang perlu riders ketahui tentang motor full fairing terbaru ini.

All New CBR 150R Tricolor – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Desain CBR 150R Tricolor Terbaru

Pertama, kita akan membahas dari sisi desainnya yang baru yang lebih berkesan big bike look. Ubahan terbaru mengarah pada gaya condong ke depan yang semakin agresif, menyuguhkan imajinasi pebalap yang siap melakukan start. Riders tentu sudah familiar dengan tampilan ini, karena bisa dibilang hampir mirip dengan pendahulunya yakni CBR 250RR. Motor ini mendapatkan sentuhan desain fairing yang lebih gagah, lebih agresif dan tentu sporty. Mulai dari desain lampu depannya yang baru dan sudah lengkap dengan All LED Lighting System. Sehingga pencahayaannya lebih baik dan yang pasti lebih aman. Seperti yang kita lihat antara lampu utama dan lampu sein itu terpisah, lampu sein terletak diatas lampu utama. Begitu juga pada desain lampu belakang yang sudah All LED Lighting System. Selain itu lampu belakang memiliki desain yang lebih tajam, guna memperkuat kesan sporty pada motor. 

Pindah ke sisi desain panel meter full digital yang baru juga. Tampilannya cukup mengagumkan dengan negative display untuk memudahkan pengendara melihat panel meter dalam kondisi apapun. Informasi yang tersedia juga lengkap, seperti adanya tripmeter dan odometer. Hal ini sangat membantu pengendara terutama pada saat berkendara jarak jauh maupun touring dengan motor sport ini. Sentuhan gaya baru tidak hanya pada body, namun knalpot juga mendapatkan desain baru polygonal serta warna silver pada ujungnya.

Tabel Detail All New Honda CBR 150R Tricolor

Tipe mesin Liquid cooled, 4-Langkah, DOHC
Posisi silinder Silinder tunggal
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan kompresi 11,3 : 1
Daya maksimum 12,6 kW (17,1 PS) / 9.000 rpm 
Torsi maksimum 14,4 Nm (1.47 kgf.m) / 7.000 rpm
Sistem starter Elektrik
Kapasitas tangki 12 liter
Kapasitas oli mesin 1,1 liter
Sistem bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Silinder 149,16 cc
sepedamotor.com

Spesifikasi Honda CBR 150R Tricolor

Untuk dapur pacunya, tenaga Honda CBR 150R Tricolor sangat powerful berkat mesin 150cc, DOHC & berpendingin cairan. Motor ini mampu menghasilkan output 12,6 kW pada 9.000 rpm, dan torsi 14,4 Nm pada 7.000 rpm. Yang membedakan motor ini dari edisi sebelumnya adalah pada mesin ini telah dilengkapi dengan sistem kopling assist & slipper clutch. Fungsi dari fitur ini yaitu mencegah kemungkinan pengendara tergelincir karena efek dari engine brake. Akselerasi dari 0-200 meter hanya membutuhkan waktu 10,6 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam. Tenaga yang tersalurkan menggunakan transmisi 6-percepatan dengan performa yang lebih baik.

Lanjut kita membahas soal suspensi depan yang serba baru berkat penambahan sistem upside down. Desainnya pun cukup elegan dan gagah dengan warna gold atau emas mengkilap. Soal kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi, pasalnya suspensi upside down ini memudahkan pengendara mengontrol atau handling pada motor sport ini.

Fitur Terbaru CBR 150R Tricolor

Bagi pecinta motor sport, fitur kemanan berkendara selalu menjadi aspek penting yang patut diketahui. Honda membagi motor ini menjadi dua varian, yakni varian ABS dan Non ABS. Untuk yang varian ABS, tersedia sistem pengereman Anti-Lock Brake System yang berguna untuk mencegah roda mengunci. Sehingga dapat menghindari kemungkinan motor tergelincir pada saat melakukan pengereman mendadak, khususnya pada jalanan yang licin. Tidak hanya itu, pada varian ABS juga sudah lengkap dengan fitur baru yaitu Emergency Stop Signal (ESS). Jadi pada pengeraman mendadak, lampu hazard atau lampu seinnya otomatis berfungsi ataupun menyala. Sehingga pengendara disekitarnya dapat dengan mudah mengetahui motor ini sedang dalam kondisi emergency. Keren ya riders! Tidak hanya aman untuk diri sendiri, tapi juga bagi pengendara di belakangnya. 

Gimana riders, masih ragu dengan motor CBR 150R Tricolor? Tenang, masing ada beberapa fitur yang perlu Anda ketahui. Motor ini memang hadir untuk dipersembahkan kepada pecinta top speed karena desainnya yang full fairing serta mesin yang powerful, serta fitur-fitur penunjang lainnya. Karena motor ini sangat kencang, maka diperlukannya grip yang baik selama perjalanan. Jadi pada saat kondisi top speed atau melakukan tikungan, pastikan ban yang terpasang merupakan yang terbaik. Motor ini memiliki desain velg baru dan diameter ban yang terbilang lebar agar motor selalu stabil saat ngebut atau nikung. 

CBR 150R Tricolor Modifikasi

Untuk mendapatkan modifikasi motor CBR 150R Tricolor yang terbaik, riders dapat mengubah warna dari warna aslinya. Pilihan warna dan perpaduan warna yang elegan akan membuat tampilan motor menjadi lebih kokoh dan gagah. Akan lebih baik lagi dengan menambahkan aksesoris lainnya. Contoh aksesoris yang populer adalah knalpot custom yang tersedia dengan beragam pilihan. Ini akan membuat tampilan motor jauh lebih berani. Berikut adalah beberapa opsi modifikasi sebagai referensi:

  1. Kaki Tapak Lebar
  2. Memasang Upside Down Ban Gambot
  3. Modifikasi Moge Look
  4. Modifikasi 3 silinder
  5. Full Fairing ala Yamaha R25
  6. Atau menggunakan Fairing CBR 250RR

Pilihan Warna CBR 150R Tricolor

Ngomong-ngomong soal warna, Honda CBR 150R Tricolor terbagi dalam beberapa pilihan warna. Untuk tipe ABS tersedia dengan 5 pilihan warna, yaitu Victory Black Red, Dominator Matte Black, Honda Racing Red, Repsol MotoGP Edition dan yang terbaru adalah warna Tricolor untuk mengoptimalkan sensasi sport yang ada pada Honda CBR 150R Tricolor. Sedangkan tipe Non ABS memiliki 4 pilihan warna, yakni Matte Black, Victory Black Red, Dominator Matte Black dan Honda Racing Red.

Warna CBR 150R Tricolor – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Harga CBR 150R Tricolor | 2021

Terakhir, yang mungkin sedang Anda tunggu-tunggu adalah soal harga. Harga Honda CBR 150R Non ABS yaitu mulai IDR 35,900,000 (On The Road). Sedangkan untuk varian ABS seharga IDR 39,900,000 (On The Road). Khusus untuk Honda CBR 150R ABS Tricolor dibanderol IDR 40,600,000 (On The Road)

Lumayan terjangkau bukan untuk motor dengan fairing baru, banyak fitur baru, sistem baru yang benar-benar memberikan sensasi sport bike. Mungkin itu cukup menjadi alasan Anda untuk memiliki Honda CBR 150R Tricolor, Jadi tunggu apa lagi?

Yuk pantau terus keseruan kami mengulas berbagai merek sepeda motor hanya di channel Youtube Sepeda Motor Indonesia.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com

Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 

Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 

YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube