new royal enfield himalayan 2021

New Royal Enfield Himalayan Kini Dilengkapi Sistem Navigasi Yang Canggih!

Maret 26, 2021

Royal Enfield Himalayan edisi yang terbaru akhirnya muncul juga. Brand sepeda motor yang berbasis di India ini mulai meluncurkan model terbaru dari satu-satunya sepeda motor dual-sport milik perusahaan.

Fitur dan Desain Terbaru

Royal Enfield Himalayan 2021 adalah sepeda motor kedua yang mendapatkan sistem Tripper Navigation yang canggih ini. Sistem eksklusif milik Royal Enfield ini memulai debutnya pada motor Meteor 350 yang meluncur di India tahun lalu. Teknologi ini pada dasarnya memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone mereka melalui Bluetooth dan mendapatkan keuntungan dari detail navigasi tikungan demi tikungan. Sistem ini mendapat dukungan dari Google Maps dan aplikasi Royal Enfield.

Selain itu ada beberapa perubahan untuk model Himalayan terbaru ini, yaitu antara lain:

  1. Kaca depan yang mendapat desain ulang
  2. Kursi yang baru dan tentu lebih baik
  3. Rak depan yang di-tweak untuk membawa barang
  4. Rak belakang baru

Selain itu dari sisi kenyamanan mengendarai motor, Royal Enfield juga sedikit merivisi bagian tangki bensin. Hal ini berguna untuk pengemudi motor yang memiliki badan lumayan tinggi bisa memiliki ruang kaki yang lebih nyaman.

spesifikasi royal enfield himalayan
New Royal Enfield Himalayan 2021 in action. Foto: Royal Enfield Motorcycles

Spesifikasi Royal Enfield Himalayan 2021

Royal Enfield tidak melakukan banyak perubahan mekanis untuk model Himalayan terbaru ini. Sepeda motor ini menggunakan mesin 411cc satu silinder, SOHC, berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 24,3 bhp pada 6500 rpm dan torsi puncak 32 Nm pada kisaran 4000 hingga 4500 rpm. Sebagai informasi, motor ini telah memenuhi standar Euro 5, sehingga sangat ramah lingkungan. Sedangkan model 2020 hanya mendapat serifikasi standar Euro 4. 

Untuk transmisinya, ada unit 5-Kecepatan manual. Dari segi sasis, semuanya tetap seperti sebelumnya, tanpa perubahan pada rangka dudukan baja dan suspensi sederhana, dengan garpu 41 mm pada bagian depan dan monoshock pada bagian belakang. Kombinasi ban dan roda masih sama, untuk sistem pengeremannya sudah ABS.

Royal enfield himalayan indonesia
Varian warna milik Royal Enfield Himalayan 202. Foto: Royal Enfield Motorcycles

Pilihan Warna dan Harga Royal Enfield Himalayan 2021

Pilihan warna yang kita pilih berpengaruh terhadap harga jual Royal Enfield Himalayan 2021 ini. Untuk warna single color tone, terdapat varian warna Granite Black dan Gravel Grey seharga £4.599 atau sekitar Rp 88 Jutaan.Sedangkan warna two tone color, terdapat varian warna Pine Green, Mirage Silver, Rock Red, dan Lake Blue. Harganya sedikit lebih mahal, yakni £4,699 atau sekitar Rp 90 Jutaan.

Untuk saat ini belum ada informasi resmi dari perusahaan apakah model ini akan masuk ke pasar Tanah Air. Jadi stay tune aja dulu di website sepedamotor.com untuk informasi terkini seputar brand sepeda motor.

Baca Juga Model Royal Enfield Lainnya Disini!