Royal Enfield Meteor 350 riding

Royal Enfield Meteor 350, Penerus Thunderbird Yang Dilengkapi Mesin Injeksi Elektronik

September 24, 2020

Royal Enfield Meteor 350

Memiliki beragam tipe motor, ternyata ada satu tipe Royal Enfield yang belum ada di  Indonesia. Tipe motor tersebut bernama Thunderbird yang kini memiliki penerus dengan mesin lebih kuat dan fitur lebih lengkap serta siap hadir di Tanah Air.

Royal Enfield adalah salah satu merek pabrikan motor tertua di dunia yang sudah berdiri sejak tahun 1893. Saat ini, produk yang ditawarkan di Indonesia antara lain Interceptor, Bullet, Continental GT, Himalayan, Rumbler dan Classic.

Selama beberapa waktu yang lalu Royal Enfield telah menguji seri Meteor 350 terbarunya. Laporan sebelumnya bahkan mengatakan brand sepeda motor tertua di dunia ini berencana untuk meluncurkan Meteor 350 baru pada bulan Juni. Tetapi hal tersebut tidak terjadi. Dampak wabah pandemi ini mungkin telah menyebabkan beberapa penundaan. Bulan lalu, tipe motor ini telah melakukan first ride di India yang mengisyaratkan bahwa peluncuran motor tipe cruiser 350cc terbaru ini semakin dekat.

Apa yang baru di Royal Enfield yang serba baru?

Meteor 350 terbaru ini merupakan motor Royal Enfiled pertama yang disematkan platform 350cc baru milik perusahaan. Ini terdiri dari mesin 350cc baru, kotak roda gigi, sasis dudukan ganda, dan rangka. Royal Enfield kemungkinan akan menghindari penggunaan arsitektur pushrod tradisional UCE (Unit Construction Engine). Melainkan menggunakan SOHC (Single Over Head Camshaft) yang lebih maju dan efisien. Ini akan berguna untuk mengurangi getaran, sekaligus peningkatan kinerja mesin. Royal Enfield juga akan menggunakan transmisi 6 kecepatan yang lebih licin.

Royal Enfield Meteor 350 orange dengan latar belakang putih

Spesifikasi Royal Enfield Meteor 350

Mesin berpendingin udara silinder tunggal 350cc dirancang secara eksklusif untuk dipasang pada motor ini. Sehingga menghasilkan torsi yang mengesankan di kisaran putaran yang lebih rendah. Ini telah disetel oleh perusahaan untuk menghasilkan tenaga maksimum20,2 bhp dan torsi puncak27 Nm. Royal Enfield juga mengerjakan kehalusan dan kehalusan motor. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 15 liter yang mampu memberikan jangkauan tangki yang lebih baik. Fitur ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang suka melakukan touring jarak jauh. Dikarenakan mereka harus mengurangi pemberhentian bahan bakar selama perjalanan.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari Royal Enfield Meteor 350 yang akan datang:

  • Lampu depan halogen berbentuk bulat dengan DRL LED melingkar
  • Tangki bahan bakar Teardrop
  • Kaca spion dengan desain klasik
  • Kursi pengendara yang lebar
  • Lampu belakang bergaya retro serta lampu sein
  • Garpu depan teleskopik konvensional dan peredam kejut ganda di bagian belakang
  • Rem cakram di kedua ujungnya dengan ABS

Cruiser terbaru ini akan menjadi motor dengan fitur paling banyak di perusahaan tersebut. Nantinya ada fitur tripper navigation yaitu semacam sistem GPS berbasis Bluetooth milik Royal Enfield. Fitur ini dapat terkoneksi ke panel indikator dan USB charging port.

Royal Enfield Meteor 350 merah

Desain Royal Enfield Meteor 350

Sepeda motor baru ini akan diiklankan sebagai sebuah motor cruiser. Pabrikan yang berbasis di Chennai, India ini berbicara tentang karakteristik sepeda motor yang condong sebagai cruiser seperti:

  • Kemampuan berbelok yang mudah
  • Tempat duduk bersandar ke belakang yang lebih santai
  • Footpeg yang terpasang condong ke depan 
  • tinggi jok yang rendah
  • Setang tinggi

Berkat Elemen-elemen ini memungkinkan pengendara mampu menempuh jarak jauh dengan kenyamanan yang maksimal. Motor ini akan memiliki velg depan 19 inci dan velg belakang 17 inci. Mereka akan memakai ban tubeless bagian 100/90 dan 140/70 masing-masing.

Kabar dari Hindustan Times, Royal Enfield Meteor 350 akan tersedia dalam tiga varian, yakni Fireball, Stellar, dan Supernova. Untuk tipe Fireball hadir dengan dua warna yakni kuning dan merah. Sementara tipe Stellar akan meluncur dalam tiga warna: merah tua, biru tua, dan matte black. Sedangkan tipe yang paling mahal yaitu Supernova, memiliki dua varian warna yakni biru-hitam dan cokelat-hitam. Kelebihan motor Royal Enfield Supernova yakni machined finished wheels, cover jok yang bebeda, serta indikator dan windscreen berlapis chrome.

Royal Enfield Meteor 350 merah 2020

Harga Royal Enfield Meteor 350

Kabarnya, Royal Enfield Meteor 350 akan dijual mulai dari Rupee 1,65 lakh di India atau sekitar Rp 33 jutaan di Indonesia. Harga tersebut belum termasuk biaya pajak masuk impor, asuransi dan keperluan lainnya.

Baca Juga Detail Royal Enfield Classic 350