vespa s 125 iget 2020

Vespa S 125 i-Get Review

February 2, 2021

Test Ride Lengkap Vespa S 125 i-Get

Vespa S 125 i-Get 2020

Semakin populer di tahun ini, Vespa S 125 kini tampil lebih muda, lebih segar, dan lebih sporty. Skutik terbaru ini memperlihatkan esensi yang lebih canggih untuk menciptakan tren di kalangan muda. Mau tahu kelebihan dan kekurangannya? Yuk langsung scroll ke bawah!

Apa pendapat kamu tentang All New Piaggio Vespa S 125 i-get 2020? Cek artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih detail lagi!


Review Vespa S 125 Indonesia 

Bali – Sepeda Motor Indonesia (SMI) bersama Giorgio Rey dan Melody mendapat kesempatan untuk test ride Vespa S 125 i-Get mengelilingi Garuda Wisnu Kencana (GWK). Motor yang kerap dijuluki “si mungil” ini meluncur pada akhir tahun 2020.

Pada sesi interview kali ini, kami kedatangan Bapak Wawan selaku perwakilan dari Piaggio Vespa Bali. Beliau secara eksklusif membantu kami mengulas Vespa S 125 i-Get secara menyeluruh dari desain body, performa mesin hingga fitur-fitur terbarunya. Selanjutnya pada sesi interview bersama Vespa Owners Community- MoVe VIP Bali, kami mencari tahu bagaimana review sebenarnya dari pengguna skutik terbaru ini.

Vespa S 125 i-Get merupakan salah satu keluarga Vespa Small Frame dari perusahaan asal Italia ini. Secara konsep terinspirasi dari vespa edisi sebelumnya yakni Vespa Seri 50, namun kali ini lebih menonjolkan nuansa yang sporty. Memiliki bentuk body sporty dan desain yang simpel namun elegan, bikin kamu tampil keren di jalanan. Ditambah adanya fitur terbaru dan mesin yang lebih baik, menambah kenyamanan kamu saat berkendara sehari-hari.

vespa s 125 iget 2020 indonesia
Vespa S 125 i-GET action di jalan – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Tabel Detail Vespa S 125 i-Get

Spesifikasi Teknisi

Enginei-get, single-cylinder, 4-stroke, 3 valves
Fuel distribution systemElectronic injection
Displacement124.5 cc
Max. Power7.6 kW @ 7,600 rpm
Max. Torque10.2 Nm @ 6,000 rpm
Cooling SystemForced Air
TransmissionAutomatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Front SuspensionSingle arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber
Rear SuspensionShock absorber with adjustable preload with 4 settings
Front BrakeØ 200 mm disc brake
Rear BrakeØ 110 mm drum brake
Front TireTubeless 110/70-11″
Rear TireTubeless 120/70-10″
Length/width1,770 mm / 705 mm
Wheel Base1,280 mm
Seat Height785 mm
Fuel Capacity7 (± 0.5) liter
EmissionEuro 3
Sepedamotor.com Spesifikasi Vespa S 125 I-Get

Spesifikasi Vespa S 125 i-Get

Untuk performanya, Vespa S 125 i-Get memiliki kapasitas mesin 125cc dengan tipe mesin i-Get 4 langkah, silinder tunggal, 3 katup yang akan menciptakan pengalaman berbeda untuk setiap pengendara. Vespa terbaru ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 7.6 kW pada saat berada di putaran 7.600 rpm dan mampu mencapai torsi puncak sekitar 10.2 Nm pada putaran 6.000 rpm. Tenaga tersebut otomatis akan membuat akselerasi mesin semakin tinggi dan cepat untuk bisa menghasilkan tarikan yang ringan. Dalam kondisi panas sekalipun mesin motor ini akan tetap bisa stabil.

Terdapat berbagai perubahan dalam struktur kerangka yang terdapat pada bagian bawah motor ini, yakni frame pengurang getaran pada mesin. Terdapat pula teknologi double-swinging arm baru dengan fitur 2 Degrees of Freedom. Hal tersebut juga membantu mengurangi rasa lelah selama berkendara dan lebih nyaman untuk berkendara. Lanjut ke sistem pengereman pada vespa model ini masih menggunakan disk brake pada rem depan dan pada bagian belakang masih menggunakan tromol.

Desain Terbaru

Nuansa sporty pada skutik ini dapat kita lihat dari detail hitam hasil perpaduan hitam doff dan glossy yang melekat pada warna spion, pelindung tepi, pelek yang menghiasi kedua roda, heat cover knalpot, body samping motor yang dihiasi dengan grafis stiker hitam serta pada bingkai lampu yang juga tidak lagi berbentuk bulat seperti vespa klasik pada umumnya. Selain itu, tambahan beberapa spesifikasi juga mendukung performa sport yang diberikan dari skutik ini. 

Dari sisi desain body motor, perubahan yang paling terlihat adalah bagian footrest deck yang lebih ramping dari edisi sebelumnya yang cenderung lebar. Hal ini berguna akan menjaga kestabilan pengendara pada saat berhenti. Satu lagi perubahan yang paling terlihat adalah pijakan kaki yang mendapat desain ulang untuk meningkatkan kontrol dan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. 

Desain jok pada Vespa S 125 i-Get kali ini jauh lebih ramping dari edisi sebelumnya. Untuk ukuran bagasinya sendiri muat satu half-face helmet. Dimensi motor ini sama seperti Vespa LX 12 yaitu memiliki panjang 1.770 mm, lebar 705 mm, tinggi 1.280 mm dan tinggi jok mencapai 785 mm serta dan bobot mencapai 105 kg. Terdapat pula perubahan pada desain velg yang kini lebih modern dan elegan dengan balutan ban tubeless yang terpasang pada bagian depan dan belakang motor.

Desain speedometer yang terpasang kali ini berbeda dengan yang terdapat pada edisi tahun 2019 yang masih menggunakan desain analog. Sedangkan kali untuk vespa terbaru ini memiliki desain hasil kombinasi analog dan digital dengan layar digital LCD. Layar ini sangat memudahkan pengendara dalam memantau kondisi kecepatan, indikator bensin, odometer, lampu sein, dan sejumlah informasi lainnya. 

Fitur Andalan

Bagi Sepeda Motor Mania yang masih penasaran apa sih itu i-Get? Nah, i-Get itu sendiri singkatan dari Italian Green Experience Technology. Jadi, teknologi yang terpasang pada Vespa S 125 terbaru ini membuat mesin menjadi sangat efisien dan ramah lingkungan. Tambahan informasi, teknologi ini sudah mengadopsi Standar Emisi Euro 3. Berkat adanya teknologi tersebut, skutik ini mampu mengurangi konsumsi bahan bakar yang berlebihan hingga 30%. Selain itu, tangki pada skutik ini mampu menampung BBM hingga 7 liter. Keren bukan?

Pencahayaan kini telah ditingkatkan berkat teknologi All LED Lighting System pada headlamp depan dan LED Daytime Running Light (DRL) untuk memberikan visibilitas terbaik dalam segala kondisi cuaca. Fitur yang tidak kalah penting yaitu teknologi anti-theft immobilizer pada key system untuk menunjang keamanan maksimum bagi pemilik motor keluaran terbaru ini. Bagi sepeda motor mania yang hobi berpergian jarak jauh tidak perlu khawatir. Tersedia USB charger di dalam bagasi kecil yang terletak tepat disamping kunci kontak. 

fitur keamanan vespa s 125 iget
Fitur keamanan Vespa S 125 i-GET – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Modifikasi Vespa S 125 i-Get

Seiring berjalannya waktu, fenomena motor idaman khususnya bagi kaum pelajar sudah mulai beralih ke vespa matic. Apabila kita melirik tahun 2010 ke bawah, tren modif motor masih didominasi oleh Kawasaki Ninja atau Satria FU. Untuk kalangan matic sendiri, Yamaha Mio dan Honda Vario masih mendominasi pada waktu itu.

Namun pada saat Piaggio merilis skuter matic, mereka perlahan mengubah fenomena tersebut. Sekarang giliran vespa matic yang menjadi primadona untuk kalangan pelajar. Vespa S 125 i-Get modif bisa menjadi salah satu preferensi anda pada saat ini. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali bengkel yang menyediakan komponen custom untuk vespa matic. Komponen custom tersebut antara lain flyscreen, crash bar, lampu, ban, spion, knalpot hingga mesin dalam.

Pilihan Warna Vespa S 125 i-Get

Pada saat peluncurannya secara online pada tahun lalu, PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa S 125 i-Get yang tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Glossy Black, Matte Blue dan Matte Grey. Warna tersebut sangat tepat untuk mewakili semangat muda, segar dan tentunya nuansa sporty.

Warna Vespa S 125 i-Get
Vespa S 125 Grey Titanio, Blue Vivace & Black Vulcano – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Harga Vespa S 125 i-Get

Harga Vespa S 125 i-Get terbaru yakni berkisar Rp 42,550,000 (On The Road Bali) dan sudah dapat anda pesan melalui dealer Piaggio terdekat. Sebagai tambahan informasi, jika kita bandingkan dengan kompetitor pada kelas yang serupa (125cc) rata-rata harga yang ditawarkan jauh di bawah motor ini. Dengan harga segini, bisa dibilang ini adalah brand “Apple” untuk pasar otomotif. Apakah worth it menurut anda? Tulis pendapat anda di kolom komentar.

Baca Juga Salah Satu Vespa Matic Terlangka Di Dunia


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia. Seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com
Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 
Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 
YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube