bbm berkualitas

Pertamina Akui Konsumsi BBM Berkualitas Meningkat

May 28, 2021

JAKARTA – Pertamina menyebut tingkat kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas semakin meningkat, khususnya di Jawa Bagian Barat. Berdasarkan data Satgas Ramadhan Idul Fitri (RAFI) Pertamina, konsumsi BBM berkualitas beroktan tinggi jenis Perta series meningkat 12% dan Dex series sebesar 10% pada 26 Mei dibandingkan konsumsi normal harian.

“Tingginya kebutuhan masyarakat pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik. Pascalarangan mudik Lebaran ini, puncak permintaan BBM di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat terjadi pada dua hari jelang Lebaran yaitu pada tanggal 11 – 12 Mei 2021. Konsumsi terbesar dari BBM yang digunakan adalah Pertalite dan Pertamax yang mencapai 91% dari total realisasi BBM jenis Gasoline,” ungkap Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing PT Pertamina (persero) Regional Jawa Bagian barat, Eko Kristiawan.

Menurutnya di jalur Pantura (pantai utara Jawa) konsumsi Pertamax mengalami peningkatan hingga naik 24% dibandingkan normal, bahkan di jalur wisata Sukabumi dan Majalengka konsumsi Dexlite dan Pertalite naik di atas normal meskipun di tengah kebijakan larangan mudik.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” terangnya.

Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin. Sementara Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel.

Hingga 31 Mei 2021, Pertamina memberikan diskon harga bensin lebih hemat Rp 300 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

PT Pertamina (Persero) telah memastikan penyaluran BBM dan Gas berjalan aman dan lancar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk ini, Pertamina mendedikasikan Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) yang telah bekerja sejak 26 April hingga 31 Mei 2021. ##