BMW R18 cruiser concept 2020

BMW R18 Segera Hadir. Motor Dengan Mesin Boxer Terbesar Ini Siap Menjegal Harley Davidson.

September 18, 2020

BMW R18

Disaat Harley Davidson mengalami kegagalan di USA dan mengalihkan penjualan ke Asia, BMW tidak tinggal diam. Dengan motor bergaya cruiser-bobber andalannya, BMW siap menjegal Harley Davidson untuk pasar Asia.

BMW Motorrad resmi memperkenalkan BMW R18 pada tahun 2020 ini. Motor penjelajah terbaru dari perusahaan Jerman ini mengumpulkan banyak perhatian dari para penggemar seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mungkin itulah mengapa motor yang kabarnya menjadi rival berat Harley-Davidson ini sudah mendapat pesanan sebanyak 12 unit. Motor ini rencananya akan meluncur secara resmi pada ajang GIIAS 2020. Itupun bila pameran otomotif Tanah Air terbesar tersebut tidak tertunda. Kemungkinan besar pengenalan resminya berlangsung secara virtual melalui internet. 

Edgar Heinrich, Kepala Desain BMW Motorrad mengatakan bahwa BMW R18 tidak berorientasi untuk menjadi motor tercepat. “Motor ini adalah tentang membuat motor analog pada era digital. BMW memiliki sejarah yang kaya dengan sepeda motor ikonik dan mereka memiliki karakteristik desain yang sama.”
Dengan hadirnya R18 tentu menjadi sinyal kuat BMW untuk kembali ke arena cruiser. BMW pun serius dalam proyek ini dengan menggandeng builder Ronna Noren dari Unique Custom Cycles, perusahaan asal Swedia.

BMW R18 view 2020 Indonesia
BMW R18 Concept. Foto: BMW Motorrad

Spesifikasi BMW R18

Motor penjelajah bertenaga 1,8 liter atau setara 91 tenaga kuda ini terinspirasi dari pendahulunya BMW R5, R50 dan R60/2. Memiliki bobot keseluruhan 761 pound atau 346 Kg. Mendapatkan tangki bahan bakar berkapasitas 4,23 galon atau lebih dari 16 liter. Sorotan dari motor cruiser baru ini yaitu mesin yang terpasang adalah mesin boxer dua silinder terbesar di dunia. Ini adalah mesin 1.802cc berpendingin udara / oli yang merupakan mesin boxer berkapasitas tertinggi yang pernah perusahaan buat selama ini. Mesin ini menghasilkan torsi puncak 157 Nm yang bekerja hanya pada 3.000 rpm. Menghasilkan tenaga maksimum 91 HP pada 4.750 rpm. Ada transmisi 6 kecepatan yang terhubung ke penggerak poros terbuka. Perusahaan mengatakan bahwa kecepatan tertinggi R18 lebih dari 111 mph (178 km / jam).

Fitur utama BMW R18 lainnya:

  • Lampu depan bulat LED dengan LED DRL
  • Handlebar-mounted side turn signals
  • Knalpot ganda fishtail
  • Tutup pengisi bahan bakar mesin
  • Posisi berkendara santai
  • Tiga mode berkendara – Rain, Roll, dan Rock
  • ASC (Kontrol Stabilitas Otomatis)
  • Tarik Kontrol Torsi

Motor cruiser ini sendiri memiliki tiga mode berkendara, yaitu Rain, Roll serta Rock. Untuk mode Rain menawarkan respons throttle yang lebih lembut dan tenaga dan torsi yang lebih terbatas. Lalu ada mode Roll yang merupakan mode berkendara standar umum yang pengendara gunakan. Dan yang terakhir Mode Rock adalah mode agresif, dengan akses ke tenaga penuh dan torsi.

Mesin boxer BMW R18 dua silinder
Mesin boxer dua silinder BMW R18 Foto: BMW Motorrad

Desain Concept BMW R18

BMW benar-benar ingin membawa kita kembali ke era 50-60an. Seperti penggunaan solo seat bergaya Pagusa serta jok kulit dengan logo cetak timbul khas BMW.  Untuk urusan desain, BWW R18 tetap mempertahankan tampilan bernuansa retro klasik dengan suguhan fitur yang modern. Kerangkanya berdasar pada model double cradle. Dengan suspensi garpu teleskopik pada bagian depan, dan swingarm baja dengan penyangga guncangan sentral pada bagian belakang.


Tak ketinggalan motor cruiser ini mendapatkan ban Rille yang ikonik dari Metzeler. Profil ban depan yaitu 120/70 ring 19 dan belakangnya 180/65 R16. Masing-masing terpasang pengereman cakram, khusus untuk bagian depan berupa twin disc brake. Sistem pengereman motor ini lengkap dengan sistem caliper empat piston dengan cakram rem berdiameter 300 mm pada bagian depan dan belakang. Terdapat pula sistem pengereman BMW Motorrad Integral ABS sebagai standar motor ini.

BMW R18 Foto: BMW Motorrad

Harga BMW R18

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari laman resmi BMW Motorrad, BMW R18 sudah dapat kita pesan secara pre-order. Harga yang terpasang mulai Rp 330,7 juta untuk tipe First Edition. Sedangkan untuk tipe yang standar yakni seharga Rp 291,1 juta

BMW internasional sendiri merilis dua varian warna pada model R18. Striping ganda dan chrome untuk tipe R18 First Edition. Sedangkan untuk tipe R18 standar hadir dengan warna black storm metallic.