Miguel Oliveira

MotoGP Catalunya 2021: Oliveira Tenang dan Menang

June 7, 2021

BARCELONA – Miguel Oliveira berhasil menang di MotoGP Catalunya 2021. Kemenangan pembalap Red Bull KTM Factory Racing tersebut menempatkannya masuk kembali ke jalur perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021.

Miguel Oliviera berselisih waktu 0,175 detik dengan tempat kedua Johann Zarco (Pramac Racing) di garis finish. Sementara Jack Miller (Ducati Lenovo Team) dipromosikan ke P3 (Podium 3) di akhir balapan ketika Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) mendapat penalti tiga detik karena jalan pintas di Tikungan 1 dan 2.

Miguel Oliveira memimpin sebanyak 21 putaran dari total 24 putaran MotoGP Catalunya 2021. Ini menjadi kemenangan pertamanya di kelas MotoGP di bawah bendera Red Bull KTM Factory Racing.

Saat ini Miguel Oliveira berada di posisi ke-7 klasemen Pembalap dengan perolehan nilai 54. Fabio Quartararo masih Tangguh berdiri di posisi teratas dengan nilai 115, di bawahnya Johann Zarco (Ducati)  dengan 101 lalu Jack Miller dengan point 90.

Miguel Oliveira

“Ini hampir sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Saya memiliki salah satu balapan terbaik dalam karir saya sejauh ini. Semuanya begitu sulit; manajemen ban dan menjaga ketenangan saya ketika Fabio memberi tekanan pada saya di banyak putaran. Saya benar-benar tetap tenang ketika dia menyalip saya dan mengambil kesempatan saya di trek lurus untuk mendapatkannya kembali. Itu adalah balapan yang sempurna, dan saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada orang-orang Red Bull KTM karena memberi saya mesin (RC16) yang sempurna untuk kembali ke sini ke puncak podium. Saya juga ingin berterima kasih kepada para penggemar. Semuanya luar biasa, memiliki publik di sini dan kembali normal,” komentar Miguel Oliveira.

Nasib sial dialami oleh Repsol Honda Team karena dua pembalapnya tidak bisa menyelesaikan balapan. Marc Marquez terlihat agresif sejak awal balapan. Pada lap ketiga, Honda RC213V Marc Marquez naik ke urutan keenam dan terlihat kuat. Sayangnya kesalahan di Tikungan 10 membuatnya kehilangan balapan karena dia terjatuh, tidak bisa bergabung kembali.

Pol Espargaro mengalami balapan yang sama sulitnya. Dia jatuh di Tikungan 5 di awal balapan.

Kedua pebalap Tim Repsol Honda lolos dari cedera karena jatuh dan akan kembali ke trek hari ini (7/6),  untuk tes satu hari sebelum libur seminggu untuk kembali fokus sebelum GP Jerman pada 20 Juni. ##