tips perawatan motor

Tips Perawatan Motor Sederhana

May 31, 2021

JAKARTA — Sebagai seorang biker sejati, tentu tak hanya dituntut untuk cakap dalam berkendara. Karena, riders juga disarankan mampu melakukan perawatan motor agar kondisi tunggangan kesayangannya selalu terjaga.

Hal ini pun mendorong PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk membagikan tips perawatan motor sederhana yang dapat diterapkan oleh bikers.

Riyadi Prihartono, Manager Service CS Divison YIMM mengatakan, kali ini tips perawatan motor yang dibagikan oleh Yamaha sederhana dan mudah dikerjakan.

“Salah satu langkah utama dalam melakukan perawatan motor adalah dengan memeriksa aki dan oli,” kata Riyadi dalam keterangan pers pada Kamis (27/5). Pemeriksaan aki sendiri dapat dilakukan dengan mengoperasikan seluruh komponen yang berkaitan dengan aki seperti klakson, lampu dan engine starter.

Sedangkan pemeriksaan oli dapat dilakukan dengan melihat kondisi pada dipstick oli. Dengan bantuan dipstick, maka pengendara dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan kualitas dan volume oli mein.

Selain kedua langkah itu, pengendara juga perlu melakukan langkah ketiga yaitu memeriksa adanya kebocoran oli. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat sekeliling bagian lantai saat motor terparkir cukup lama.

Pastikan tak ada tetesan oli pada sekeliling bagian lantai dan tak ada sisa oli yang mengendap di bagian mesin. Hal ini akan lebih efektif dilakukan saat motor dalam keadaan bersih.

Selanjutnya, langkah keempat adalah dengan memeriksa kondisi rem. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa oli rem serta memeriksa kondisi kampas rem.

Kelima, pengendara perlu memeriksa kondisi ban. Baik soal tekanan udara maupun kondisi fisik dari ban tersebut.

“Selanjutnya, pengendara juga disarankan untuk selalu menjaga kebersihan motor. Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas body dan mengihindari karat pada sejumlah bagian motor,” ucapnya.

Terakhir, bikers disarankan untuk secara rutin memanaskan motor. Terutama, untuk motor yang jarang digunakan. Langkah ini diperlukan untuk menjaga kualitas pelumas dan kualitas aki.

Nah, dengan tips perawatan motor ini, diharapkan Anda melakukannya secara rutin. Ingat motor Anda diibaratkan kaki Anda. Selamat mengerjakan. ##