Tips Ganti Oli Sendiri di Rumah

by Andrean Tuscany
0 comment

Sebagian riders lebih terbiasa untuk melakukan ganti oli di bengkel sambil melakukan servis rutin. Hal ini mungkin dilakukan karena mengira bahwa ganti oli merupakan hal yang sulit.

Faktanya, ganti oli itu terbilang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, PT Timur Raya Karya Mandiri (TRKM Group) selaku distributor tunggal Deltalube pun membagikan sejumlah tips dalam melakukan penggantian oli.

Technical Support Manager PT TRKM Group, Yese M.T. Simanjuntak mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan sejumlah peralatan pendukung.

“Peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah kunci pas, corong oli dan tempat penampung oli bekas. Biasanya kunci pas yang digunakan adalah kunci dengan ukuran 12, 14, 17, 19, atau 21 mm sesuai dengan masing-masing kendaraan,” kata Yese dalam keterangan pers pada Jumat (26/3).

pelumas motor
Tips ganti oli dengan benar. Shutterstock

Jangan Ganti Oli Disaat Mesin Sedang Panas

Setelah peralatan disiapkan, pengendara pun dapat mulai melakukan proses penggantian oli. Ia menyarankan, proses ini dilakukan saat mesin tidak dalam kondisi panas. Menurutnya, hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi drat dan baut bak oli.

Artinya, jika memang mesin masih dalam kondisi panas, maka pengendara dapat mendiamkan sejenak agar temperatur mesin berkurang. Setelah itu, baru kemudian pengendara dapat membuka baut pembuangan oli yang terletak di bagian bawah mesin.

Dalam proses ini, pastikan tempat penampung oli bekas telah disiapkan di bawah mesin sehingga oli yang keluar dari mesin dapat langsung tertampung dengan baik. “Kemudian tunggu beberapa saat hingga oli bekas di dalam mesin telah keluar seluruhnya,” ucap dia.

Setelah itu, pasang kembali baut tersebut dengan posisi yang tepat dan pastikan baut tersebut telah terpasang dengan rapat. Berikutnya, pengendara juga dapat sekaligus memeriksa filter oli. Komponen ini harus selalu dalam kondisi optimal karena berperan dalam menjaga kebersihan oli yang berada di dalam mesin.

Selanjutnya, pengendara dapat mulai memasukan oli mesin lewat lubang inlet oli. Pastikan volume oli yang dimasukan sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan. Dengan begitu, maka pengendara telah melakukan proses penggantian oli dengan benar sehingga kondisi mesin selalu terjaga.

Nah, untuk memudahkan riders dalam melakukan pembelian oli dari mana saja, maka Deltalube pun kini menghadirkan online official store di Tokopedia dan Shopee. Kedua toko ini berstatus Official Store, yang artinya semua produk yang dijual dijamin asli dengan kualitas yang terjamin.

Ketahui Tips Memilih Pelumas Motor!

Pelumas Motor
Tips Memilih Pelumas Motor yang Tepat

Related Posts

Leave a Comment