Aprilia Tuono 125 2021

Aprilia Tuono 125 2021, Sportbike Para Pemula

May 7, 2021

MILAN – Jika Anda tidak suka sportbike full fairing seperti Aprilia RS 125, maka ada alternatif Aprilia Tuono 125. New Aprilia Tuono 125 2021 dan saudaranya tersebut telah diubah seluruhnya.

Pekerjaan yang melelahkan telah dilakukan pada Aprilia RS 125 dan Aprilia Tuono 125 2021 untuk meningkatkan performa, trim, keamanan, kualitas, dan peralatan standar.

Dua model kembar ini dirancang untuk para biker dan pembalap pemula, termasuk mereka yang berusia belia.

Desain
Bagian depan Aprilia Tuono 125 2021 sangat mirip dengan kakaknya Aprilia Tuono 660. Dimensi bagian depan motor telah ditinjau ulang seluruhnya agar lebih compact, namun tetap memastikan tingkat aerodinamika khas semua versi Tuono, seperti halnya dimensi under cover (pelindung bawah) yang diperkecil, kini lebih meruncing. Semua pencahayaan menggunakan LED.

Instrumentasi digital sepenuhnya baru dengan banyak informasi perjalanan yang berguna (termasuk pengukur bahan bakar, konsumsi sesaat dan rata-rata, serta rentang sisa). Instrument cluster memiliki lampu latar dengan dua pilihan warna (putih atau biru muda) dan siap dipasang untuk platform multimedia Aprilia MIA; ini memungkinkan pengendara menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth, mengubahnya menjadi komputer terpasang yang lengkap.

Chassis
Aprilia mengatakan Aprilia Tuono 125 2021 dan Aprilia RS 125 2021 dilengkapi dengan rangka aluminium yang terbuat dari spar aluminium die-cast dengan rusuk penguat bersilang. Rangka ini mampu memastikan stabilitas dan tingkat handliung maksimum, baik di jalan maupun di lintasan balap. Melengkapi arsitektur chassis tingkat superior tersebut adalah suspensi garpu terbalik (upside-down) dan monoshock yang dipasang pada swingarm asimetris.

Pekerjaan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas yang dirasakan jelas: rangka aluminium pada Aprilia RS 125 sekarang menawarkan kualitas cat yang lebih tinggi, seperti halnya mesin, footpeg, dan yoke garpu pada kedua model.

Dua model ini menggendong tangki bensin terbesar di kelasnya, 14,5 liter. Kompartemen di bawah jok kini lebih luas, di mana cukup untuk menyimpan tablet 8” (dengan opsional port pengisian daya USB).

Sistem Pengereman
Sistem pengereman Aprilia Tuono 125 2021 juga berasal dari motor-motor di atasnya, mengandalkan kaliper radial (terhubung ke master silinder menggunakan garis jalinan metalik) yang menggenggam cakram baja 300 mm. Rem cakram belakang berdiameter 220 mm.

Dua model ini dihadiahi oleh Aprilia dengan ABS dua saluran baru yang canggih. ABS ini  dikembangkan bersama Bosch dan menampilkan sistem tip-over jika terjadi pengereman darurat. Stabilitas dan cengkeraman saat berbelok meningkat berkat ban Michelin baru, dengan bagian belakang diperlebar hingga 140 mm.

Mesin
Penampilan perdana pada di Aprilia Tuono 125 2021 dan Aprilia RS 125 2021 adalah mesin baru 1-silinder, 4-katup, DOHC, berpendingain cairan. Jantung mekanis berkapasitas 125cc ini menghasilkan tenaga 14,8 HP pada 10.000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 8.000 rpm.

Ubahan-ubahan mesin yang telah dilakukan oleh para teknisi Aprilia meliputi termodinamika, dengan kepala baru untuk ruang bakar yang didesain ulang, saluran masuk dan buang baru dan percikan busi iridium baru. Poros bubungan (cam axles) dengan kontrol katup yang lebih agresif juga baru, sedangkan seluruh saluran masuk didesain ulang dan sekarang memiliki filter udara baru.

Throttle body sekarang ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi agar aliran udara masuk ke head lebih langsung. Saluran buang telah sepenuhnya didesain ulang dan sekarang memiliki sistem pembuangan baru dengan sistem katalisis baru dan lebih efisien. Kurva torsi kini semakin kokoh dan tenaga maksimum dikembangkan pada putaran rendah yang, antara lain, memungkinkan konsumsi bahan bakar lebih rendah, sebagian berkat manajemen elektronik yang lebih halus yang dijamin oleh ECU Marelli MIUG4 baru.

Mesin yang sudah memenuhi standar Euro 5 ini menorehkan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) 38,5 km/liter.

Untuk memanfaatkan tenaga mesin sebanyak mungkin, rasio final drive (yang dilengkapi rantai dengan cincin-O) telah ditingkatkan, dengan mengadopsi sproket 58-gigi. Di jalan raya, hal ini menghasilkan performa lebih responsif saat throttle diputar, memberikan lebih banyak kesenangan dalam sport dan handliung yang lebih mudah dalam perjalanan kota.

Warna dan Harga Aprilia Tuono 125 2021
Terdapat 3 opsi warna Aprilia Tuono 125 2021 yaitu:

  • Aprilia Black yang dicirikan dengan merah dan blok;
  • Lightning White dengan perpaduan warna matt white dan abu-abu;
  • Arrow Grey dengan abu-abu glossy dan hitam

Harga Aprilia Tuono 125 2021 €4990 atau setara dengan Rp 86 jutaan di Italia. ##