cara merawat motor

Tips Merawat Motor yang Jarang Digunakan

March 11, 2021

Bagi sejumlah riders, mungkin ada motor miliknya yang jarang digunakan. Entah karena sedang work from home (WFH) atau karena kebanyakan kendaraan hingga tidak sempat merawatnya. Maka, ketahuilah tips merawat motor yang benar!

Nah, agar motor itu tetap dalam kondisi prima, maka riders perlu untuk memperhatikan sejumlah hal. Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga lewat perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat motor itu lama tak digunakan, ada beberapa hal perlu diperhatikan oleh pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat tak digunakan dalam jangka waktu cukup lama,” kata Endro dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, AHM pun berbagi tips untuk menjaga kondisi sepeda motor saat tak digunakan dalam jangka waktu lama. Pertama, jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

”Saat digunakan, terkadang motor tersebut melewati daerah banjir, becek dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut pun akan mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain yang berpotensi merusak komponen,” ujarnya.

Cara mencuci motor yang benar
Cara mencuci motor yang benar. Foto: Astra Honda Motor

Mencuci motor Secara Optimal

Oleh karena itu, langkah sederhana berupa mencuci motor merupakan langkah awal yang optimal dalam menjaga performa motor. Dalam tahap ini, riders juga disarankan untuk memberikan pelumas pada sejumlah bagian seperti rantai dan bagian lain yang berpotensi timbul karat.

Kedua, untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk memanaskan mesin. Menurutnya, lakukan pemanasan mesin secukupnya kira-kira sampai suhu kerja mesin berada diantara 80 hingga 100 derajat celcius dan akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.

“Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan mesin dengan durasi sekitar 3 hingga 4 menit. Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai,” kata dia.

Rutin Panaskan Mesin

Selanjutnya, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor atau pada bagian yang berongga terutama di bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang seperti tikus.

Ia menyarankan untuk melakukan pengecekan ini saat memanaskan mesin. Hal ini merupakan langkah yang cukup penting mengingat sudah banyak motor yang mengalami gangguan kelistrikan karena jaringan kabel digigit oleh tikus

“Lewat seluruh langkah ini, maka kendaraan akan tetap berada dalam kondisi terbaik meski jarang digunakan. Dengan begitu, maka kendaraan akan selalu siap untuk digunakan dengan nyaman dan aman,” ucapnya.

Baca Juga Tips Cuci Motor yang Benar