Cara mencuci motor yang benar

Cara Gampang Bikin Tampilan Motor Tetap Cling (Tips Cuci Motor!)

Maret 7, 2021

Riders sejati tentu tak hanya ingin motornya nyaman dikendarai tapi juga sedap dipandang. Oleh karena itu, tampilan yang selalu kinclong pun bikin riders makin pede untuk riding dan jadi pusat perhatian di jalanan. Berikut tips cuci motor versi Sepeda Motor Indonesia!

Maka tak heran, kini sejumlah salon motor dan produk perawatan motor pun bermunculan demi mewujudkan harapan riders yang ingin agar motornya selalu tampil cling atau berkilau seperti baru. Oleh karena itu, Manajer Nutens, Robby Triansyah pun berbagai sejumlah cara agar tampilan motor terlihat berkilau.

“Sejumlah cara ini dapat dilakukan saat riders ingin melakukan perawatan tampilan motornya sendiri di rumah. Karena, pada kondisi tertentu, sejumlah riders lebih memilih untuk melakukan perawatan sendiri ketimbang menggunakan jasa salon motor,” kata Robby beberapa waktu lalu.

Demi dapat memudahkan pengendara, beberapa produsen seperti Nutens pun menghadirkan sejumlah produk perawatan detailing yang spesifik. Mengingat, setiap motor memiliki material body yang berbeda-beda sehingga diperlukan produk yang spesifik. 

Jadi, sebelum melakukan proses perawatan tampilan kendaraan, riders perlu menentukan produk perawatan yang paling pas untuk tiap-tiap panel body dan part lainya. “Pastikan semua produk yang digunakan adalah produk yang paling sesuai sehingga dapat memberikan hasil yang optimal,” ujarnya.

lap untuk cuci motor
Lap microfiber khusus untuk mencuci motor. Foto: D-Laundry

Gunakan Microfiber Khusus Poles

Selain itu, riders juga perlu mempersiapkan sejumlah peralatan yang pas. Menurutnya, beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah lap microfiber khusus poles, kuas, kaos tangan dan sikat berukuran kecil atau bisa menggunakan sikat gigi. Saat melakukan perawatan, ia pun menyarankan agar pengendara selalu menggunakan kaos tangan khusus sebagai pelindung. Karena, sejumlah cairan perawatan terdiri dari bahan kimia berbahaya.

Setelah seluruh sarana pendukung sudah dipersiapkan, baru kemudian tahapan perawatan dapat dimulai. Ia mengatakan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci motor dan menguranginya. Hal ini  dilakukan untuk membersihkan permukaan dari debu dan kotoran ringan lainya.

“Jika motor belum dalam keadaan benar-benar bersih tapi proses pemolesan telah dilakukan, maka hal ini bisa-bisa malah akan menggores atau mengikis cat kendaraan,” ucapnya. 

Setelah motor benar-benar bersih dan kering, proses pun dilanjutkan dengan pemolesan body. Menurutnya, proses ini tetap dapat dilakukan dengan hanya menggunakan lap khusus sehingga tak memerlukan mesin poles.

Disarankan, produk pemolesan yang digunakan adalah produk yang berwujud cairan. Karena, jika menggunakan produk dalam wujud wax, biasanya produk tersebut akan meninggalkan endapan putih pada bagian celah-celah body.

kuas cuci motor
Kuas untuk mencuci motor lebih detail. Foto: Wahana Honda

Detailing Menggunakan Kuas

Selanjutnya, riders dapat melanjutkan proses detailing dengan menggunakan kuas atau sikat gigi pada bagian mesin, rangka atau pada bagian celah-celah lainya. Jika diperlukan, pengendara pun dapat membongkar beberapa bagian tertentu agar dapat melakukan proses pembersihan secara lebih menyeluruh.

Dengan melakukan seluruh tahapan itu, ia menilai para riders dapat memperoleh hasil yang mendekati dengan hasil pengerjaan pada salon motor. “Selain membuat tampilan mengkilap, proses ini juga sekaligus mampu memberikan perlindungan pada sejumlah permukaan kendaraan,” kata dia.

Apalagi, jika seluruh proses itu dilakukan dengan sejumlah produk Nutens seperti produk semi coating, penghitam plastik, pembersih mesin dan semir ban. Setiap produk Nutens sendiri ditawarkan dalam bentuk paket yang dilengkapi dengan kaos tangan pelindung dan lap khusus. Sehingga, riders dapat melakukan langkah-langkah perawatan dengan aman dan dengan lap yang dedicated.

Baca Juga Tips Berkendara di Saat Pandemi