Statistik penjualan sepeda motor di Indonesia

Imbas Pandemi Corona, Penjualan Sepeda Motor Di Indonesia Anjlok Hampir 50%!

January 29, 2021

Covid-19 menyebabkan beberapa bisnis menjadi terhambat. Anjloknya angka penjualan sepeda motor di Indonesia selama beberapa bulan terakhir menjadi bukti dahsyatnya dampak dari pandemi ini.

Tercatat sepanjang tahun 2020 ini, penjualan sepeda motor di Indonesia menjadi yang terburuk sejak beberapa tahun terakhir ini. Melansir dari angka penjualan yang turun hampir 50% apabila kita bandingkan dengan tahun 2019 yang lalu. Hal ini sudah jelas akibat adanya pandemi virus corona (Covid-19) yang membatasi banyak sekali kegiatan serta mempengaruhi perekonomian Tanah Air. 


Berdasarkan data yang kami peroleh dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tercatat penjualan sepeda motor sepanjang 2020 hanya mencapai 4.361.008 unit. Angka tersebut merupakan gabungan penjualan domestik sebanyak  3.660.616 unit dan ekspor sebanyak 700.392 unit. Penjualan tersebut turun sebesar 43,5% dari tahun 2019 lalu yang mampu menjual hingga 6.487.460 unit motor.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)

Data penjualan sepeda motor 2020
Statistik distribusi domestik. Foto: AISI

Apabila menelusuri lebih lanjut lagi, adanya musibah pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan penjualan sepeda motor. Dapat kita perhatikan dari catatan penjualan bulanan yang menunjukkan Januari, Februari, serta Maret masih stabil. Akan tetapi, memasuki bulan April, penjualan sangat anjlok. Penjualan paling rendah terjadi pada bulan Mei dengan total hanya 21.851 unit motor.

Lanjut setelahnya, penjualan mengalami peningkatan kembali pada bulan Juni, Juli, Agustus, dan September. Walaupun penjualan mengalami peningkatan, namun itu belum mampu mendongkrak keadaan menjadi normal kembali. Malahan pada bulan Oktober, November, dan Desember, penjualan sepeda motor mengalami penurunan lagi.

Data aisi penjualan motor 2020
Statistik distribusi eksport. Foto: AISI

Sebagai tambahan informasi, penjualan sepeda motor 2020 memang menjadi yang terburuk. Mengingat pada tahun 2017 penjualan sepeda motor mampu mencapai 5.886.103 unit, pada tahun 2018 sebanyak 6.383.108 unit, dan yang terakhir pada tahun 2019 mencapai hingga 6.487.460 unit

Untuk lebih banyak berita dan update terbaru dari brand Sepeda Motor Indonesia lainnya, pantau terus sepedamotor.com.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com
Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 
Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 
YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube