Triumph Trident 660 2021 Indonesia

Bikin Merinding! Seperti Ini Tampilan Terbaru Triumph Trident 660

November 17, 2020

Triumph Trident 660

Triumph Trident 660 akhirnya resmi unjuk gigi. Sepeda motor terbaru dari perusahaan asal Inggris ini mendapat cukup perhatian sejak prototipe desainnya dipamerkan ke publik awal tahun ini. Sejak motornya resmi meluncur, sebagian besar detail motornya juga sudah keluar.

Triumph Trident 660 yang serba baru ini kemungkinan tersedia untuk pasar Tanah Air pada akhir 2021. Dengan produk ini Triumph terlihat mencoba memperluas jangkauan Motor jenis Nakednya ke segmen Sport Classic Modern. Kehadirannya akan menantang motor sekaliber Kawasaki Z900, Honda CBR650R dan Yamaha MT-09.

Motor terbaru besutan pabrik asal inggris ini memiliki desain yang macho namun tetap memiliki kesan klasik. Sebut saja desain lampu bulat dengan pencahayaan LED yang menguatkan kesan retro-modern.

Pengendara akan semakin tampil agresif di jalan raya dengan desain motor yang gagah. Tangki bahan bakar melengkung dengan lekukan lutut berkapasitas 14 liter. Selain itu gril radiator menonjol, sadel step-up pendek, dan knalpot underbelly. Ini adalah motor impian para riders yang ingin memiliki motor yang lincah dan torsi besar pada putaran bawah.

Triumph Trident Roadster 2021
Desain lampu depan Triumph Trident 660. Foto: Triumph Motorcycle

Mesin Triumph Trident 660 2021

Performa dari Triumph Trident 660 yakni kapasitas mesin 660cc serta 3 silinder DOHC. Juga lengkap dengan pendingin cairan. Mesin ini sangat handal untuk menghasilkan tenaga maksimum 81 hp dan torsi puncak 64 Nm. Ada spekulasi bahwa mesin motor ini sama dengan yang edisi Street Triple S terbaru gunakan. Namun perusahaan langsung mengkonfirmasi bahwa itu tidak benar. Faktanya, perusahaan mengatakan bahwa pembangkit tenaga Trident 660 memiliki 67 komponen baru.

Fakta mengesankan lainnya tentang Trident 660 bahwa mereka telah menetapkan interval servisnya sejauh 16.000 km. Untuk transmisinya, mereka akan menampilkan gearbox 6-percepatan. Ini bisa disertai quickshifter dua arah sebagai aksesoris opsional pengguna. Suspensi Depan USD dari Showa dengan travel 120mm, sedangkan suspensi belakang Trident dilengkapi dengan shock belakang Showa dengan preload. Konfigurasi standar suspensi Trident diarahkan untuk pengendaraan dengan penumpang. 

Panel instrumen Triumph Trident 660. Foto: Triumph Motorcycle

Fitur Andalan

Trident 660 2021 akan menjadi roadster kelas menengah, namun itu tidak berarti perusahaan mengurangi hal kualitas dan fitur pada produknya. Sedangkan untuk fitur-fiturnya, ia memiliki cluster instrumen full-digital single-pod yang sangat elegan dan bersih. Adanya fitur My Triumph dengan kontrol Bluetooth menyediakan fungsi GoPro, telepon, dan musik menggunakan joystick pada setang.

Trident 660 juga memiliki kontrol traksi dan dua mode berkendara (Mode Road dan Mode Rain). Sementara kontrol traksi dapat kita matikan sepenuhnya, sedangkan ABS saluran ganda tidak bisa. Trident 660 akan tampil sekuat batu, sama seperti pendahulunya. 

Berbicara tentang fitur perangkat keras utama untuk motor ini, pengaturan suspensi berasal dari Showa, sedangkan tugas pengereman mendapat bantuan kaliper Nissin dua piston dengan cakram 310mm kembar pada bagian depan. Selain itu, tersedia juga sistem pemantauan tekanan ban (TPMS) sebagai aksesori. Ban pada motor roadster ini berasal dari Michelin (Road 5).

New Triumph Trident 660 2021
Tampilan samping Triumph Trident 660. Foto: Triumph Motorcycle

Harga Triumph Trident 660 2021

Spekulasi menunjukkan bahwa mereka menetapkan harga Trident 660 sekitar INR 7 lakh (ex-showroom) di India. Sedangkan untuk kampung halamannya, Inggris, motor roadster ini resmi launching dengan harga peluncuran 7.195 poundsterling atau sekitar Rp 137 jutaan.

Seperti yang kami lansir pada situs resminya, Triumph Trident 660 tersedia dalam tiga varian warna. Mulai dari Silver Ice/Diablo Red, Matte Jet Black/Matte Silver Ice, Crystal White dan Sapphire Black. 

Kenali Juga Motor Triumph Lainnya!