KTM 250 adventure indonesia 2020

KTM 250 Adventure

October 27, 2020

Motornya Para Penjelajah, KTM 250 Adventure Akan Segera Hadir!

Sejak tren adventure semakin menggeliat di Tanah Air, banyak orang yang semakin menggilai kegiatan offroad. Untuk menyasar segmen tersebut, KTM 250 Adventure akan segera diperkenalkan kehadapan publik.

KTM Adventure akan segera meluncur menemani saudaranya, KTM 390 Adventure. Mereka telah menguji motor 250cc ini selama beberapa waktu dan spekulasi terbaru menunjukkan bahwa perusahaan akhirnya meluncurkan sepeda motor baru di waktu yang dekat.

Ini merupakan sepeda motor dual purpose untuk keperluan touring di jalan raya atau offroad pada medan yang sulit. Racikan pabril asal Austria ini memang terkenal memiliki ketangguhan dan durability produk yang mumpumi terlebih untuk model adventure. Beberapa komponen KTM 250 merupakan turunan dari KTM 390. Desain motor dan style keseluruhan sangat mirip dengan spendahulunya. 

KTM akan menggunakan cluster instrumen TFT di 250 Adventure yang diambil dari dari 390 Adventure. Sepeda motor dual-sport seperempat liter juga kemungkinan akan mendapatkan lampu depan halogen bukan LED.

KTM 250 adventure test ride
Aksi KTM Adventure di medan offroad. Foto: KTM

Spesifikasi KTM 250 Adventure

Berbicara mengenai mesin KTM Adventure berkekuatan 250cc dan silinder tunggal dengan pendingin cairan yang sama yang menggerakkan KTM 250 Duke. Muncul dengan injeksi bahan bakar elektronik dan mampu menghasilkan tenaga maksimum 29,6 bhp pada 9.000 rpm dan torsi puncak 24 Nm pada 7.500 rpm. Untuk transmisinya, tersedia gearbox 6 percepatan. Sementara untuk kapasitas tangki mencapai 3,8 liter


Sasis trelis membantu mesin tersebut agar pengendara bisa merasakan hentakan yang nyaman jika melewati jalur berliku. Terdapat pula suspensi depan model upside down 43 mm dan mono-shock pada suspensi belakang. Ini adalah mesin yang sama yang juga menggerakkan Husqvarna Svartpilen 250 dan Husqvarna Vitpilen 250.

Fitur Utama

KTM kemungkinan akan menggunakan lampu depan halogen alih-alih lampu LED, untuk menjaga visibilitas tetap terkendali. KTP250 Adventure semakin lengkap cluster instrumen digital dengan konektivitas Bluetooth. Sehingga bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna. Selain itu ada beberapa fitur canggih yang patut kita perhatikan seperti:

  • System pengereman ABS off road
  • System control traksi
  • Teknologi drive by wire 
  • Fitur pilihan mode berkendara

KTM juga berencana menyediakan banyak aksesori touring opsional untuk 250 Adventure mendatang. Asesoris ini akan mencakup satu set pannier hard case dan kotak atas. Semua opsi bagasi akan menampilkan mekanisme kunci zip.

Motor adventure terbaru KTM
Tampilan samping KTM Adventure. Foto: KTM

Harga Terkini

KTM Adventure rencananya akan segera masuk ke pasar Indonesia, namun karena keadaan masih kurang kondusif kemungkinan akan terjadi penundaan. Kabarnya harga KTM250 Adventure sekitar Rp 44,7 Juta. Kemungkinan mencapai Rp 50 jutaan setelah terkena biaya registrasi dan pajak, patuk untuk disimak.
KTM 250 Adventure baru akan menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin membeli motor adventure yang tidak hanya ringan tetapi juga terjangkau. Sudah mulai tertarik?