Motor Husqvarna Indonesia 2020

Husqvarna 250 Vitpilen dan Svartpilen, Motor Sport Eropa Harga Bersahabat

Oktober 9, 2020

Husqvarna 250

Ngomong-ngomong soal cafe-racer buatan eropa, pikiran kita pasti langsung tertuju pada BMW dan Triumph. Nah kali ini perkenalkan Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250. Motor yang memiliki desain anti-mainstream dengan “harga teman”.

Superbike besutan pabrik asal Swedia ini kabarnya akan meluncur tahun ini oleh KTM Indonesia. Motor ini mendapatkan perhatian cukup banyak sebab desain yang belum pernah terlihat oleh riders Tanah Air, khususnya untuk segmen 250cc. Harganya yang ramah di kantong menjadi alasan lain motor ini cepat viral selain dari sisi estetika yang unik.

Desain Dengan Karakteristik Berbeda

Dalam bahasa Swedia, vitpilen artinya “panah putih”, sedangkan svartpilen berarti “panah hitam”. Nah dari sini kita sudah bisa menebak jika tipe Vitpilen memiliki sisi berwarna putih. Sementara Svartpilen berwarna serba gelap. Motor ini memiliki desain yang unik dengan memadukan desain classy dan fitur futuristik. Seperti menampilkan lampu depan LED berbentuk bulat dan kerangka bodi yang pendek pada bagian depan dan belakang.

Menjadi cafe-racer, Husqvarna Vitpilen 250 menampilkan posisi berkendara yang sedikit condong ke depan berkat setang clip-on yang rendah. Untuk tipe Svartpilen 250 lebih seperti motor scrambler. Tipe ini telah memiliki stang bergaya off-road bertingkat tinggi. Ia juga memiliki posisi berkendara yang lebih santai.

Husqvarna 250 Vitpilen dan Svartpilen
Husqvarna 250 Vitpilen dan Svartpilen. Foto: Husqvarna Motorcycles

Spesifikasi Husqvarna Vitpilen 250 dan Svartpilen 250

Dari segi performa, Husqvarna kembar ini mengunakan mesin injeksi bahan bakar satu silinder 248,8 cc berpendingin cairan. Mendapatkan penggilingan yang sama seperti yang terdapat pada motor KTM 250 Duke. Ini menghasilkan tenaga maksimum 30 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 24 Nm pada 7.500 rpm. Motor ini menggunakan gearbox (unit enam kecepatan) dengan selip dan kopling bantu sebagai tambahannya.

Fitur Utama Dari Husqvarna 250

  • Pencahayaan LED penuh
  • Konsol instrumen digital penuh
  • ABS Bosch yang canggih
  • Rangka teralis baja yang ringan dan kuat
  • Pengaturan suspensi WP
  • Bahan premium dan berkualitas tinggi
  • Rem ByBre
Husqvarna Vitpilen 250
Husqvarna Vitpilen 250. Foto: Husqvarna Motorcycles

Kemiripan Husqvarna Vitpilen 250 dan Svartpilen 250

Sebagian besar elemen pada kedua motor ini memiliki kemiripan satu sama lain. Misalnya, lampu depan LED bundar bergaya retro dan pencahayaan LED penuh yang melengkapi keduanya. Mereka juga berbagi bingkai teralis gelap, bodywork, dan cluster instrumen digital yang sama.

Kedua motor juga berbagi pengaturan suspensi yang sama yaitu garpu WP 43 mm USD di depan dan monoshock yang dapat disesuaikan sebelumnya di belakang – serta pengaturan pengereman – cakram 320 mm di depan dan cakram 230 mm di belakang, yang mana dibantu oleh ABS saluran ganda. Kapasitas tangki bahan bakarnya 9,5 liter. Motor ini juga memiliki ground clearance dan tinggi jok yang sama, masing-masing 145 mm dan 835 mm.

Perbedaan Husqvarna Vitpilen 250 dan Svartpilen 250

Vitpilen 250 memiliki setang clip-on yang memberikan postur berkendara yang sedikit menuntut, sedangkan Svartpilen 250 hadir dengan stang satu bagian dan posisi berkendara yang tegak dan santai. Svartpilen 250 lebih menfokuskan diri menjadi motor off-road dan dilengkapi satu set ban menonjol, walau kedua motor memiliki ban MRF . Perusahaan juga memasang rak kecil di tangki bahan bakar Svartpilen. Sementara itu, Vitpilen 250 dipasang ban jalan normal dan lebih bergaya cafe racer.

Husqvarna Svarpilen 250
Husqvarna Svartpilen 250. Foto: Husqvarna Motorcycles

Harga Husqvarna 250

Saat perilisannya di India, Vitpilen 250 dan  Husqvarna Svartpilen 250 dibanderol 180.000 Rupee atau setara dengan Rp 35 jutaan (off the road). Harga tersebut belum termasuk biaya lain seperti registrasi motor, asuransi, serta pajak jalan raya yang berlaku.

Setelah ditelurusi lebih lanjut lagi, harga diatas hanyalah harga promosi. Kabarnya harga untuk dua motor ini akan naik beberapa pekan kedepan. Itupun dengan asumsi harganya tetap di atas motor KTM Duke 250. KTM Duke 250 sendiri kini sudah tembus Rp.38,9 Jutaan (off the road).