arti nama motor ktm

Tipe dan Arti Nama Motor KTM

January 10, 2017

KTM adalah pabrikan papan atas dunia yang memiliki ciri menarik dalam semua produknya. Mereka membagi dalam beberapa keluarga untuk keperluan masing-masing. Tapi sebelum itu, yuk kenali tipe dan arti nama motor KTM itu sendiri.

Sebagai jagoan kalangan motor off road, mereka memiliki andalan untuk tipe endure. Keluarga Enduro keluar dengan sebutan EXC. Artinya, E punya makna Enduro, alias ketahanan. X merupakan sebutan untuk Cross. Sementara C artinya Country. Keluarga EXC punya beberapa turunan dari kapasitas mesinnya. Antara lain seperti 125cc, 150cc, 200cc, 250cc, 350cc dan 400cc.

Sejarah KTM
Erich Trunkenpolz, salah satu pendiri KTM. Foto: Wikipedia

Kenali arti nama belakang motor KTM biar tidak salah sebut

Keluarga berikutnya adalah SX. Kayaknya udah pada bisa nebak ya? SX itu singkatan dari Super Cross. Keluarga SX lahir untuk berlaga pada arena motocross. Saat ini tipe SX memiliki dapur pacu 125cc, 250cc dan 400cc. Tapi keluarga SX punya turunan lain khusus untuk konsumen anak-anak. SX Mini dengan kapasitas mesin mulai dari 50cc, 65cc dan 85cc.

Dari dua tipe ini, Wing Haryanto menyebut, ada kode lain yang tersematkan. Yaitu F, Itu kode untuk tipe 4 Tak, alias four stroke. Kecuali, untuk yang berkapasitas 400cc ke atas, perusahaan tidak mencantumkan kode F. Karena sudah pasti 4 Tak, jelas Bos bagian teknis PT. Moto KTM Indonesia (MKI).

Sejarah motor KTM

KTM didirikan pada tahun 1934 oleh Hans Trunkenpolz dan pada awalnya dikenal sebagai Kraftfahrzeuge Trunkenpolz. Karena perusahaan tersebut sebenarnya adalah toko pengerjaan logam dan penjualannya cukup rendah, pemilik memutuskan untuk mulai memproduksi sepeda motor. Dua tahun kemudian, pada tahun 1953, seorang pengusaha Austria bernama Ernst Kronreif membeli sebagian besar saham perusahaan yang kemudian diubah namanya menjadi Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen.

KTM Adventure dan Sixday

Turunan produk ini masih ada beberapa lagi. Salah satu yang unik adalah klan jalan-jalan. Doi punya keunggulan ketahanan daripada keluarga lainnya. Seperti keluarga Adventure dan Sixday.

Baik Adventure atau Sixday, sebenarnya masuk trah keluarga Enduro alias EXC. Tapi, mereka sangat siap untuk waktu pemakaian yang lebih lama dalam sekali geber, tanpa istirahat. Bahkan, tipe Sixday, bisa stand by terus selama 6 hari berturut-turut.

Keluarga Adventure dan Sixday punya setelan suspensi dan rasio gear-box beda. Suspensi Sixday, travel (jarak mainnya) lebih jauh daripada EXC biasa. Jadi, tipe Sixday dan Adventure lebih nyaman. Kalau untuk urusan gear-box, Sixday dan Adventure punya rasio lebih lebar.

Khusus tipe Adventure yang untuk keperluan travel, mendapat mesin 990cc dan 1190cc. Kapasitas mesin yang terjamin bertenaga untuk mengantar kemanapun perjalanan kita. Edisi terbaru dari tipe ini adalah KTM Adventure 250.

Selain itu, keturunan enduro juga ada keluarga Freeride. Keluarga Freeride tercipta untuk riders pemula. Cirinya, masih ada lampu-lampu untuk kompetisi seperti reli. Cuma dbekali 1 kapasitas mesin 350cc, kupas Wing Haryanto lagi.

KTM Adventure
KTM Adventure. Foto: KTM
KTM Sixday. Foto: KTM

Sumber: www.ktmindonesia.com/