MotoLadies Indonesia

Ubah Stigma Soal Bikers Perempuan, MotoLadies Hadir Bagi Lady Bikers Indonesia!

March 27, 2021

Awal terbentuk MotoLadies Indonesia pada saat beberapa lady bikers ikut acara riding “Girls Ride Out” bersama Royal Enfield untuk menghadiri acara GSrek Indonesia International Bike Week 2019 di Pasaraya Jakarta.

Ide terbentuknya Motoladies Indonesia adalah ketika itu om Umay Lubis menyarankan untuk membentuk wadah atau komunitas bagi para lady bikers yang saat itu hadir. Lalu para lady bikers kami meminta om Umay Lubis untuk memberi nama bagi komunitas pengendara perempuan. Maka nama “MotoLadies Indonesia” lah yang terpilih menjadi nama komunitas lady bikers yang saat itu hadir. Secara resmi MotoLadies Indonesia terbentuk pada tanggal 8 Desember 2019 di Papabro Cafe, Motovillage Kemang Jakarta Selatan. 

Anniversary MotoLadies
Acara anniversary pertama di Papabro Cafe Motovillage Jakarta. Foto: MotoLadies

Dengan adanya pandemi agenda kegiatan MotoLadies Indonesia banyak yang tertunda. Sejak terbentuk hingga awal masa pandemi, lady bikers tersebut hanya baru beberapa kali melakukan kegiatan selain sunmori (sunday morning riding),  juga mengikuti acara cerdas cermat empat pilar MPR RI bersama klub-klub dan komunitas motor di Jakarta.

Bamsoet Channel
Mengunjungi acara giveaway Bamsoet Channel. Foto: MotoLadies

Di masa new normal semenjak masa pandemi ada beberapa kegiatan yang lady bikers lakukan, diantaranya sunmori, seperti beberapa anggota komunitar yang melakukan touring ke Cirebon, Dieng, Semarang dan Bandung. Selain itu terdapat pula acara kegiatan sosial bersama Sekolah Relawan, acara bincang-bincang bersama bapak Bambang Soesatyo ketua MPR RI di Sentul Jawa Barat. Tidak sampai disitu, lady bikers juga mengikuti acara riding bersama Motovillagers di acara penutupan IIMS MotoBike 2020 dan menghadiri acara anniversary Gerak BS  di Cisarua.

Ikatan Motor Indonesia
Menghadiri acara IMI bersama Korlantas Polri di ISDC Serpong. Foto: MotoLadies

Pada tanggal 19-21 September, MotoLadies salah satu komunitas yang mewakili lady bikers dalam acara standarisasi tata cara berkendara dengan baik yang di adakan oleh IMI, di acara tersebut mereka touring dari Jakarta, Cikampek, Cirebon, Ciwideuy, Bandung yang diwakili oleh dua anggota MotoLadies yaitu Reza dan Chaca.

MotoLadies Memiliki Beragam Kegiatan

Bakti Sosial Lady Bikers
Mengikuti beragam kegiatan bakti sosial. Foto: MotoLadies

Pada tanggal 13 Desember 2020  diadakan acara kecil-kecilanan anniversary MotoLadies Indonesia bersama para penasehat, yaitu om Umay Lubis dan opa Prima Baskoro. Sebenarnya mereka sudah mengagendakan untuk acara anniversary yaitu dengan mendatangi salah satu panti jompo yg ada di daerah Jakarta Selatan. Namun dengan adanya PSBB dan kondisi yang tidak memungkinkan maka kami putuskan untuk menundanya hingga awal tahun 2021.

Hingga saat ini kakak Reza yang mengkomandoi komunitas MotoLadies Indonesia. Jumlah anggota MotoLadies Indonesia saat ini telah mencapai total 40 orang. Lady Bikers dari komunitas ini telah memiliki chapter di luar Jakarta yaitu Surabaya dan Bogor. Anggota MotoLadies terdiri dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswi, ibu rumah tangga, presenter, penyanyi, pramugari, dan pengusaha.

Women's Day Ride
Mengikuti acara Women’s Day Ride bersama Royal Enfield. Foto: MotoLadies

Dalam waktu dekat ini, MotoLadies Indonesia sudah mengagendakan beberapa kegiatan. Seperti Safety Riding anggota MotoLadies bersama beberapa Lady bikers dari komunitas dan club lainnya, touring ke cirebon, dan kegiatan sosial lainnya. 

Semoga dengan adanya komunitas MotoLadies Indonesia dapat menaungi para lady bikers di Indonesia untuk mengekspresikan dan memberi manfaat bagi anggota dan kepada masyarakat umumnya.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Meluncur dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com

Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 

Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 

YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube