YAMAHA R7

Yamaha R7 untuk Indonesia Masih Misteri

May 27, 2021

IWATA – Pekan lalu, Yamaha Motor mengenalkan Yamaha R7 2022. Pada tahap awal, motor ini diluncurkan lebih dahulu di Eropa dan Amerika Serikat.

Selanjutnya, baru kemudian, pada musim dingin 2021, Yamaha R7 2022 diluncurkan di Jepang. Berkaitan dengan hal tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun bersiap untuk menyambut kehadiran motor supersport tersebut.

Manager Marketing YIMM, Antonius Widiantoro (Anton) mengatakan, dalam menghadirkan sebuah produk, Yamaha selalu membekali diri dengan beragam persiapan dan kajian pasar di Indonesia.

“Artinya, kehadiran Yamaha R7 di Indonesia sangat bergantung pada kajian soal kondisi pasar di Indonesia,” kata Anton, Selasa (25/5).

Hal ini menunjukan, kehadiran Yamaha YZF-R7 di Indonesia masih membutuhkan waktu untuk sejumlah persiapan. Apalagi, lanjut dia, dalam proses impor sepeda motor, diperlukan mekanisme seperti tahapan pengajuan dan perizinan dari pemerintah.

Dengan begitu, para pecinta motor supersport di Indonesia perlu bersabar untuk menanti kehadiran Yamaha R7.

Soal pasar big bike di Indonesa, dia mengungkap bahwa segmen ini cukup banyak penggemarnya.

“Cukup banyak peminatnya. Setiap kami menjual big bike, produk-produk tersebut selalu sold out,” ucapnya.

Kemungkinan, hal itu pun akan kembali terjadi jika Yamaha memasarkan Yamaha R7 di Indonesia. Mengingat, motor ini hadir dengan sejumlah detail yang menarik.

Yamaha Motor mengatakan bahwa mayoritas komponen dan bagian motor ini diambil dari Yamaha MT-07. Kopling Assist & Slipper (A&S) yang digunakannya sama seperti Yamaha MT-07. Fitur ini tidak hanya meringankan tarikan tuas kopling, tetapi juga menghambat efek torsi belakang pada perilaku sepeda dan mengurangi pengereman mesin yang berlebihan untuk meningkatkan kemampuan berkendara.

Secara produk, Yamaha R7 2022 sendiri merupakan motor supersport 689cc dengan lightweight frame. Motor dengan mesin CP2 (crossplane 2-cylinder) ini pun ditunjang oleh inverted front suspension berukuran 41 mm.

Selain itu, motor ini menggunakan struktur rangka yang sama dengan Yamaha MT-07, tetapi kekuatan sejumlah komponen telah dioptimalkan, seperti penyangga tengah aluminium yang menggunakan dudukan yang kuat. Ini meningkatkan kekuatan torsi di sekitar poros swingarm dan keseimbangan keseluruhan rangka lainnya telah disetel juga untuk mengakomodasi ini.

Selain itu,  Yamaha R7 mengusung sejumlah unsur Yamaha R1, seperti siluet yang dibentuk oleh garis horizontal, fairing yang memaksimalkan efisiensi aerodinamis, saluran udara (intake duct) berbentuk M, dan sepasang lampu posisi. Lampu depan menggunakan lampu LED bi-fungsional tunggal yang terletak di tengah saluran masuk (intake duct) berbentuk M. ##