brembo

Brembo Hadirkan Sistem Pengereman Baru di WSBK 2021

May 21, 2021

BERGAMO – Dalam ajang balapan, sistem pengereman merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang balapan yang aman dan akurat. Oleh karena itu, diperlukan pemasok system pengereman yang handal dalam sebuah ajang balap kelas dunia.

Pada World Superbike (WSBK), Brembo merupakan pemasok sistem pengereman sejak pertama kali ajang balap itu digelar. Hingga saat ini, pabrikan Italia itu pun terus melakukan inovasi untuk menghadirkan sistem pengereman terbaik dalam salah satu ajang balap motor paling bergengsi tersebut.

Dikutip dari web resmi Brembo pada Jumat (21/5), Brembo saat ini telah menghadirkan desain monobloc aluminium caliper dan disc brake (rem cakram) terbaru untuk World Superbike (WSBK) 2021.

Pada kaliper terbaru ini, Brembo mengandalkan material dari solid aluminium dengan radial attachment. Kaliper itu dilengkapi dengan empat piston berukuran 34 mm.

rem brembo

Agar tampil kian efisien, kaliper ini dihadirkan dengan desain terbaru yang menerapkan konsep amplified caliper anti-drag system. Sistem ini sendiri ditunjang oleh pegas yang akurat sehingga kampas rem benar-benar tidak menempel pada cakram saat tuas rem sudah tidak ditekan.

Untuk disc brake, kini Brembo juga menghadirkan cakram dengan desain terbaru dengan sistem ventilasi yang lebih optimal. Dengan begitu, maka cakram yang digunakan mampu melepaskan panas dengan lebih cepat. Dengan begitu, cakram akan mampu memberikan performa pengereman yang optimal dan stabil dalam setiap kondisi.

Selain itu, Brembo juga menghadirkan cakram dengan beragam ukuran mulai dari 336 mm dan 338,5mm. Kedua diameter cakram itu pun dihadirkan dalam empat ukuran ketebalan yang berbeda.

Hal ini sengaja dihadirkan agar para pebalap memiliki opsi lebih luas dalam memilih sistem pengereman yang paling sesuai dengan karakter tiap sirkuit. Perbedaan tiap ukuran cakram ini sendiri memiliki pengaruh terharap besaran torsi pengereman yang dihasilkan serta bobot dari sistem pengereman yang digunakan.

WSBK 2021 akan digelar sebanyak 13 seri. Seri perdana akan berlangsung di Aragon, Italia, pada 21-23 Mei. Sirkuit Mandalika, Indonesia, akan menjadi seri penutup, diselenggarakan pada 12-14 November 2021. ##