Piaggio MP3 400 HPE

Piaggio MP3 400 hpe Lebih Bertenaga dan Keren

May 19, 2021

PONTEDERA – Keluarga Piaggio MP3 kini menampilkan anggota baru Piaggio 400 hpe 2021. Model baru ini menggantikan Piaggio MP3 350.

Piaggio MP3 400 hpe (high performance engine) diklaim oleh Piaggio mampu memenuhi setiap dan semua kebutuhan mobilitas sehari-hari para penggunanya.

Piaggio MP3 400 hpe memiliki teknologi eksklusif tiga-roda Piaggio: sistem suspensi segiempat berartikulasi depan dan sepasang roda depan.

Grille yang terdapat pada pelindung depan, dirancang oleh Centro Stile Piaggio Group, dipasangkan dengan lampu sein modern dan lampu DRL lengkap dengan teknologi LED. Dari segi kenyamanan, kaca depan menampilkan pelindung tangan yang terintegrasi, sedangkan joknya menggunakan busa nyaman.

Piaggio menaruh perhatian besar untuk kenyamanan penumpang atau pembonceng, yang dapat menikmati porsi kursi nyaman, serta sandaran punggung dan pegangan yang ergonomis.

Di bagian bawah jok Piaggio MP3 400 hpe terdapat bagasi berbentuk seperti persegi empat dengan lampu dan alas, serta tanpa pemisah dan sekat. Ruang ini sanggup memuat dua helm full-face atau tas komputer dengan nyaman.

Mekanisme pembukaan kursi, yang juga dapat diaktifkan dari jarak jauh dengan Bike Finder (sakelar sinyal belok jarak jauh) dan dengan aplikasi Piaggio MIA, bertenaga listrik dan dibantu oleh peredam praktis untuk memastikan pembukaan dan penutupan yang aman.

Dashboard Piaggio MP3 ini mencakup seperangkat instrumen modern dalam dua panel bundar konvensional dan panel digital multiguna dengan data konsumsi bahan bakar (rata-rata dan arus), kecepatan rata-rata dan maksimum, pengukur bahan bakar, waktu tempuh, dan suhu sekitar dengan alarm es. Panel instrumen juga mencakup jam, penghitung total dan perjalanan, serta pembaca voltase baterai.

Sebelas lampu pada panel instrumen mewakili fungsi lampu jauh, penggunaan indikator, cadangan bahan bakar, tekanan oli, peringatan (injeksi), immobilizer, ABS, ASR, dan empat lampu darurat. Di bagian tengah, tepat di bawah layar, serangkaian 4 lampu peringatan menunjukkan: pengoperasian lampu DRL; roll lock diaktifkan; rem parkir diaktifkan dan pengoperasian Piaggio MIA. Tombol tekan di bawah setang digunakan untuk membuka sadel dan mematikan ASR.

Piaggio MP3 400 hpe 2022 menggunakan mesin berbasis Piaggio MP3 350. Mesin 400 cc, 1-silinder, 4-valve, fuel injection, berpendingin cairan. Tenaganya 35,4 HP pada 7.000 rpm dan torsi 37,7 Nm pada 5.500 rpm.

Perbedaan substansial antara jantung mekanis 350cc sebelumnya dan 400cc baru tidak hanya terletak pada peningkatan kapasitas. Mesin baru menggunakan rod yang lebih panjang dengan bobot dioptimalkan, serta piston lebih ringan dan dicetak dalam paduan aluminium – solusi yang tidak umum, biasanya didedikasikan untuk aplikasi sepeda motor tingkat tinggi – berkontribusi untuk mengurangi gaya inersia bolak-balik, sehingga menghasilkan dalam sedikit getaran yang ditransmisikan ke kendaraan.

Mesin Piaggio MP3 400 hpe menampilkan sistem inovatif yang dipatenkan oleh Piaggio yang disebut PCV (Positive Crankcase Ventilation): terdiri dari dua bilah yang dibuat ke dalam bak mesin,  bertujuan untuk mengurangi kerugian pemompaan, sehingga mendukung peningkatan tenaga. PCV tidak pernah dipasang di skuter-skuter Piaggio lainnya.

Tenaga dan torsi mendapat manfaat dari saluran masuk baru yang spesifik dan pengangkatan katup yang dioptimalkan. Di sisi lain, tensioner rantai tipe progresif baru berkontribusi pada pengoperasian pengaturan waktu yang lebih tenang.

Transmisi juga telah ditinjau kembali, dengan layout baru CVT, yang dikembangkan untuk meningkatkan pendinginan sabuk (belt), yang juga disumbangkan oleh kipas berdiameter lebih besar.

Busi iridium dan ECU Magneti Marelli MIUG4 baru. Perpaduan keduanya meningkatkan kinerja secara signifikan dibandingkan dengan tenaga mesin 350cc: 16% lebih besar, puncaknya 1500 rpm lebih rendah dan torsi 30% lebih tinggi, puncaknya 750 rpm lebih rendah.

Piaggio MP3 400 hpe terdiri dari 2 varian: 400 dan Sport 400 hpe. Harga Piaggio MP3 400 hpe € 3.190 atau Rp 160,9 jutaan. Harga Piaggio MP3 Sport 400 hpe € 9.390 atau sekitar Rp 164,4 juta. ##