Fabio Quartararo

Jelang Masuk Kandang Ducati, Quartararo Dikeroyok Trisulanya

May 19, 2021

Jakarta – Saat ini 3 pembalap Ducati sedang mengintai posisi puncak klasemen MotoGP 2021 yang dikuasai oleh Fabio Quartararo. Jika lengah, maka pembalap Yamaha itu bisa tergusur dari tahtanya.

Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) telah mengumpulkan nilai 79, hanya terpaut 1 point dari Fabio Quartararo. Di posisi ketiga, Johann Zarco (Pramac Racing)  terpaut 12 point dari Fabio Quartararo. Dan di posisi keempat Jack Miller (Ducati Lenovo Team) sudah meraup 64 point.

Jack Miller sendiri sedang on-fire. Di dual aga terakhir, MotoGP Spanyol dan MotoGP Prancis, dia sukses menjadi pemenang.

Kemenangan di GP Prancis oleh Jack Miller yang keren dan tenang membuatnya menjadi orang Australia pertama sejak Legenda MotoGP Casey Stoner yang memenangkan balapan berturut-turut di kelas utama. Miller mengeluarkan kepercayaan diri dalam semua kondisi di Le Mans, dan tidak membiarkan dua penalti long lap melemahkannya dalam pertempuran.

Pada musim ini, Johann Zarco telah 3 kali naik podium dar 5 seri pembuka yang telah digelar. Ini merupakan kebangkitannya karena pada 2019 dia sempat ‘dirumahkan’ oleh KTM di balap Moto2. Zarco membuktikan bahwa Ducati benar-benar tepat untuk bertaruh pada Juara Dunia Moto2 dua kali ini.

Dari 5 seri pembuka MotoGP 2021 yang telah digelar, Francesco Bagnaia berhasil 3 kali naik podium. Kemenangan belum pernah diraihnya. Prestasinya terakhir di seri kelima, Prancis, dia hanya finish di posisi keempat.

Sekarang semua pembalap sedang menyiapkan diri untuk balapan MotoGP Italia di sirkuit Mugello. Kesempatan Fabio Quartararountuk menang di sana masih tanda tanya.

Yamaha justru masuk ke kendang Ducati di Mugello. Ducati pernah menorehkan 3 pembalapnya menang di sana Danilo Petrucci (2019), Jorge Lorenzo (2018) dan Andrea Dovizioso (2017). Tentu saja prestasi mereka memacu motivasi 3 pembalap Ducati yang musim ini berlaga untuk mengikuti 3 pembalap Ducati sebelumnya tersebut.

Satu-satunya pembalap Yamaha yang menang dalam 11 kunjungan terakhir ke Mugello adalah Jorge Lorenzo. Dengan kecepatan tak tertandingi Ducati di lintasan lurus 1.1km  akan menjadi agak menakutkan, Yamaha dan Fabio Quartararo harus memanfaatkan kekuatan mereka di bagian yang berkelok-kelok untuk mendapat kesempatan mengalahkan trio Ducati yang mengikuti setiap gerakannya tahun ini.

Ducati telah menunjukkan misil Ducati GP21 mereka adalah motor dengan keserbagunaan yang mampu menang di mana saja, jadi di lintasan yang menantang seperti Mugello, Yamaha dan pabrikan-pabrikan lain harus menghadirkan permainan utama mereka. ##