SIM MOge

SIM Moge telah Diundangkan

May 18, 2021

JAKARTA – Para bikers Moge (motor gede) jangan lupa untuk update Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM Moge di atas 250 cc harus memiliki SIM CI atau SIM CII.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi, SIM C terdiri dari 3 (tiga) yakni SIM C, SIM CI dan SIM CII.

Pada Bab II Bagian Kesatu Pasal 3 ayat 2 huruf g menyatakan SIM C berlaku untuk mengemudikan Ranmor (kendaraan bermotor) jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

Pasal 3 ayat 2 huruf h menyebutkan bahwa SIM CI berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Sementara Pasal 3 ayat 2 huruf i menyebut SIM CII berlaku untuk mengemudikan Ranmor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Sementara berdasarkan Pasal 3 ayat 8 untuk mendapatkan SIM CI, Anda harus memenuhi ketentuan:

  1. memiliki SIM C; dan
  2. SIM C yang dimiliki telah digunakan selama 12 (dua belas) bulan sejak SIM C diterbitkan.

Pasal 3 ayat 8 menjelaskan untuk dapat memiliki SIM CII harus memenuhi ketentuan:

  1. memiliki SIM CI; dan
  2. SIM CI yang dimiliki telah digunakan selama 12 (dua belas) bulan sejak SIM CI diterbitkan.

Pada Bagian Kedua Pasal 7 untuk penerbitan SIM terdiri atas:

  1. Usia;
  2. Administrasi;
  3. Kesehatan; dan
  4. Lulus ujian

Usia atau umur paling rendah agar Anda bisa mendapatkan SIM A, SIM C, SIM D dan SIM SIM DI harus berusia minimal 17 tahun. Sedangkan untuk mendapatkan SIM CI, seseorang harus berusia minimal 18 tahun dan SIM CII minimal berusia 19 tahun. Semuanya tertera pada Bagian Kedua Persyaratan pasal 8.

Peraturan ini diundangkan pada 19 Februari 2021 dan ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Nah dengan dirilisnya SIM Moge ini, diharapkan bikers meng-update SIM. ##