motor matic irit bensin

SYM Jet SL, Motor Matic Irit Bensin dengan Desain Agresif

May 2, 2021

HSINCHU – Akhir April 2021, SYM (Sanyang Motor) meluncurkan SYM Jet SL. Skuter ini memiliki desain agresif dengan lekukan-lekukan tajam dari depan, samping hingga ke belakang.

Di depan, sepasang headlight LED terlihat galak. Di bagian buritan pun lampu kombinasinya menampilkan LED dengan bersain sporty. Bingkai meter cluster digital-nya mirip sayap-sayap kelelawar.

Untuk sector performa, SYM membenamkan mesin 1-silinder, 125cc, 4-valve, berpendingin cairan. Skuter dengan dimensi panjang 1815 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1100 mm ini memuntahkan tenaga 12,9 PS dan torsi 11,4 Nm. SYM mengklaim tenaga dan torsi SYM Jet SL terbesar di kelasnya. Penggunaan teknologi idling stop membuat motor matic ini lebih irit bensin (sayangnya, SYM tidak menyebut angka konsumsi BBM).

Motor matic irit bensin ini menampilkan wheelbase 1290 mm atau terpendek di kelasnya, radiator samping, pipa knalpot pendek, artinya focus pengembangan motor ini pada pusat gravitasi, membuatnya lebih mudah dikendalikan.

CVT SYM Jet SL dikabarkan mengalami peningkatan guna menyajikan akselerasi lebih kencang, sekaligus memangkas konsumsi BBM.

SYM menancapkan sistem ALEH (Anti-Lift Engine Hanger system). Saat kendaraan berakselerasi, akan terjadi fenomena pergeseran gravitasi. SYM mendesain sistem suspensi mesin khusus, memungkinkan posisi relatif mesin dan body sepedamotor tetap stabil saat berakselerasi, serta menekan ketidakstabilan akibat posisi angkat. Dengan begitu membuat pengendara merasa stabil dan nyaman saat mengemudikannya.

Untuk fitur keselamatan SYM Jet SL dihadiahi oleh SYM dengan rem ABS 10 Bosch, serta rem cakram depan 260 mm dan rem cakram belakang 220 mm.

Berbicara harga SYM Jet SL RMB 96.800 atau setara dengan 50 juta rupiah di Taiwan. Oiya, motor matic irit bensin ini memiliki 2 saudara tua: SYM Jet S dan SYM Jet SR.

SYM merupakan salah satu pabrikan skuter terkemuka di dunia asal Taiwan selain Kymco. Di Indonesia, SYM dipegang oleh PT MForce Indonesia yang bermarkas di Kawasan Industri MM2100, Bekasi.

Saat ini MForce Indonesia menjual 7 model di Indonesia: SYM Jet14, SYM Attila Venus 125i, SYM Joyride 200i, SYM GTS 250i, SYM MAXSYM 400i, SYM MAXSYM 600i, dan SYM Cruisym 300i. ##