Tips cegah curanmor

Riders Wajib Catat! Berikut Tips Cegah Curanmor

April 15, 2021

Setiap riders memarkir motor,  pencurian motor (curanmor) selalu mengintai. Terutama di kawasan dengan pengawasan dan pengamanan yang minim. Oleh sebab itu, penting mengetahui tips cegah curanmor.

Semua riders tampaknya perlu melakukan sejumlah strategi agar maling tak mudah memanfaatkan kesempatan yang ada. Demi mampu meningkatkan rasa aman, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) pun membagikan sejumlah langkah yang dapat dilakukan oleh riders.

Instruktur Technical Service Function Wahana, Mukti mengatakan, saat ini semua tingkat keamanan motor punya peluang ditembus. “Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar pengendara selalu menggunakan kunci pengaman tambahan, alarm atau pengaman tambahan lainya,” kata Mukti dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.

Saat ini, sejumlah pabrikan motor telah melengkapi keamanan kunci dengan penambahan tutup magnet lubang kunci. Tapi, pada kenyataanya hal ini tidak mempersulit pencurian motor.

Nah, untuk memperlambat aksi pencuri, riders bisa melakukan penguncian stang dengan menghadap ke kanan. Menurutnya, cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang membobol motor yang dikunci stang dengan menghadap ke arah kiri.

keyless cegah curanmor
Honda PCX smarty key system. Foto: Astra Honda Motor

Banyak Pabrikan Motor Beralih ke Sistem Keyless

Selanjutnya, untuk sejumlah produk premium, pabrikan telah menggunakan sistem keyless sehingga motor tidak memiliki lubang kunci starter. Namun, pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem.

Selain itu, pria yang jadi instruktur dari Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang tersebut juga menyarankan agar riders lebih berhati-hati ketika meminjamkan motor. Hal itu bisa dilakukan dengan mencegah peminjam untuk mengetahui nomor pin (barcode) bawaan demi menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

Langkah terakhir, ia menekankan agar riders selalu memarkir kendaraan di tempat yang paling aman. “Kewaspadaan pemilik adalah ‘kunci’ yang terbaik ketika meninggalkan sepeda motor di suatu lokasi,” kata dia.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com

Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 

Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 

YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube