BMW M 1000 RR on the street

BMW M 1000 RR, Superbike Yang Dirancang Khusus Oleh Departemen Mobil Sport

September 29, 2020

BMW M 1000 RR

Bagaimana jadinya apabila perancang mobil sport menciptakan sebuah superbike? dengan mesin 212 tenaga kuda serta aerodinamis performa maksimum, BMW M 1000 RR berhasil memenuhi harapan segmen superbike kelas atas.

BMW Motorrad secara resmi mengumumkan sepeda motor anyarnya, BMW M 1000 RR. Superbike ini akan menjadi penerus motor sport kelas liter yang populer sebelumnya, S 1000 RR. BMM M 1000 RR adalah sepeda motor model M pertama dari perusahaan Jerman tersebut. Divisi M adalah departemen performa BMW yang bertanggung jawab untuk menciptakan mobil-mobil canggih, sangat cepat, dan mumpuni. Oleh sebab itu motor yang dirancang harus menjadi mesin balap yang lengkap.

Secara tampilan, motor bertenaga hampir 1.000 cc ini hadir dengan desain grafis berwarna putih, merah dan biru untuk menegaskan bahwa motor itu merupakan anggota dari keluarga besar M Series. Garis-garis tegas pada fairing juga dipermanis oleh balutan warna biru khas M Series pada bagian kaliper rem depan dan belakang.

BMW M 1000 RR 2020 Indonesia
Tampilan superbike BMW M 1000 RR. Foto: BMW Motorrad

Spesifikasi BMW M 1000 RR

Dikenal sebagai sebuah Superbike, sepeda motor ini memiliki fokus yang tertuju untuk arena trek. Itu bukanlah sekedar omongan belaka, dipersenjatai dengan mesin empat silinder paralel berkapasitas 999 cc, DOHC, berpendingin cairan dengan sistem bahan bakar injeksi yang sudah ditingkatkan tenaganya. BMW Motorrad telah memasukkan sejumlah perubahan untuk mendapatkan hasil maksimal dari mesin ini. Misalnya, ada piston tempa 2 cincin untuk Mahle, batang penghubung titanium yang lebih ringan dari Pankl. Terdapat lengan ayun yang lebih ramping dan lebih ringan dari edisi sebelumnya. Port masukan mesin penuh dengan geometri saluran baru, dan banyak lagi spesifikasi baru. 

BMW Motorrad juga telah menggunakan beberapa bagian serat karbon yang memungkinkan perusahaan untuk menjaga bobot keseluruhan dari superbike ini serendah mungkin. Tak lupa disematkan teknologi BMW Shiftcamp yang canggih. Mesin tersebut hanya berbobot 192kg saja. Semua peningkatan ini menghasilkan output tenaga yang luar biasa sebesar 212 bhp pada 14.500 rpm, sedangkan torsi puncak 113 Nm bekerja pada 11.000 rpm. Dengan gabungan tenaga dan torsi yang sangat besar, anda seperti memiliki mesin rudal di dalam sepeda motor.

Mesin 4 silinder BMW M 1000 RR
Mesin motor BMW M 1000 RR. Foto: BMW Motorrad

Fitur Tambahan

Selain ubahan pada mesin dan bodywork, seri terbaru ini juga mendapat tweaking suspensi dan rem berperforma tinggi. Kami juga melihat winglet dengan desain aerodinamis yang telah dikembangkan di wind tunnel perusahaan. Tonjolan ini memberikan downforce yang dibutuhkan pada kecepatan tinggi, tikungan, dan saat pengereman, yang pada akhirnya menghasilkan waktu putaran yang lebih cepat.

BMW Motorrad telah menerapkan beberapa perubahan lagi untuk menjadikannya alat pelacak yang tepat. Dan seolah itu belum cukup, maka perusahaan juga menghadirkan Paket M Competition yang mencakup suku cadang.

Paket M tersebut terdiri dari:

  • Motorsport paint finish
  • Roda serat karbon berkualitas
  • Bateri yang sangat ringan
  • Chassis Kit dengan setelan tinggi pengendara & poros swingarm
  • M sport seat
  • Mode profesional
Panel instrumen BMW 1000 RR
Tampilan panel instrumen BMW M 1000 RR. Foto: BMW Motorrad

Harga BMW M 1000 RR

Hingga saat ini pihak perusahaan belum resmi mengumumkan banderol harga kepada publik. Kabarnya superbike ini akan di lepas ke pasar dengan harga £ 31.000 di inggris atau Rp 587 jutaan. Kemungkinan akan jauh lebih mahal daripada BMW S 1000 RR saat masuk ke Indonesia.

Selain itu, Kita perlu menanti tipe-tipe M lainnya yang akan segera diluncurkan oleh BMW Motorrad kedepannya. Misalnya BMW M 1000 XR atau BMW M 1300 GS, kedengarannya bagus bukan? Nantikan informasi lebih lanjut seputar BMW Motorrad dan sepeda motor lainnya hanya disini.

Baca Juga BMW R18, Motor Dengan Mesin Boxer Terbesar Di Dunia!