Honda CB650R Neo Sports Cafe 2019

Honda CB650R Yang Baru Saja Dirilis Berkonsep Neo Sports Café

Februari 11, 2019

Honda CB650R memiliki desain ramping dan sederhana yang memancarkan gaya retro-minimalis. Moge teranyar Honda yang baru saja rilis di Indonesia ini memiliki konsep Neo Sports Cafe yang mengikuti gaya berkendara masa kini.

Penggunaan lampu depan LED berbentuk bulat yang klasik semakin menonjolkan konsep Neo Sports Cafe yang diusungnya.

Kesan maskulin ditampilkan dengan desain knalpot yang compact serta garpu terbalik di bagian depan.

Full LED
Sistem pencahayaan CB650R telah full LED dengan penggunaan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang, lampu sein sehingga menghasilkan pencahayaan yang modern.

Panel Instrumen
CBR650R menampilkan instrumen LCD digital dengan pencahayaan berwarna biru pada speedometer yang lebar. Selain menampilkan informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, meter perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, dan penunjuk waktu, panelmeter ini juga menampilkan informasi untuk Gear Position dan Shift Up Indicator yang dikaitkan dengan RPM mesin untuk memberitahu pengendara kapan harus mengganti persneling.

Suspensi
Suspensi depan menggunakan garpu upside down pabrikan Showa berdiameter 41mm meningkatkan kenyamanan handling saat berkendara. Sementara suspensi belakang monoshock dengan aluminium swing arm memiliki pengaturan 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Kaliper Radial
Sistem pengereman menggunakan kaliper radial empat-piston, cakram floating 310mm, dilengkapi dengan kaliper belakang piston tunggal dan cakram 240mm. Dual channel ABS mempertahankan kontrol yang halus dalam kondisi basah (disaat hujan) maupun kering.

Roda Aluminium
CB650R dilengkapi dengan velg aluminium 5-spoke berbentuk Y. Desain yang inovatif mengoptimalkan kekakuan dengan mengurangi ketebalan, menghasilkan kekuatan maksimum dengan bobot yang minimum.

Mesin 4 silinder
Mesin 4 silinder berkapasitas 650cc DOHC menghasilkan tenaga 66,5kW/11.000 rpm dilengkapi torsi kuat 60,7Nm/8.000 rpm.
Kapasitas tanki CB650R adalah 15,4L yang dinyatakan telah memenuhi standar Euro 3.

Kontrol Torsi
Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) menyesuaikan tenaga mesin untuk mengoptimalkan torsi di roda belakang dan mengurangi selip pada roda belakang.

Rangka Diamond Steel
Rangka baja diamond yang kokoh berbentuk elips dirancang untuk memberikan kesan compact. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.

Emergency Stop Signal (ESS)
Fitur ESS menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Assist / Slipper Clutch
Model ini juga telah dibekali assist/slipper clutch yang membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dan mengurangi efek engine break.

Posisi Berkendara CB650R Neo Sports Cafe

Posisi berkendara pada Honda CB650R agak condong ke depan dimana pengendara menjadi lebih dekat dengan roda depan.