Honda Gold Wing Terbaru 2018 - Merah

Honda Gold Wing Terbaru 2018: Berlimpah Fitur Canggih, Harga “Wah”

April 20, 2018

Model terbaru Honda Gold Wing “Gold Wing Tour DCT” 2018 resmi dipasarkan di ajang IIMS 2018. Motor yang termasuk dalam jajaran big bike Honda ini mengusung konsep “The Honda Premium Tourer”, menghadirkan kenyamanan dan kesenangan berkendara melalui penyematan fitur-fitur canggih disertai desain yang nyaman dan performa tinggi.

Honda Gold Wing terbaru memiliki karakter yang lebih sporti, ditunjukkan dengan bentuk body lebih tajam, yang meningkatkan efisiensi aerodinamika secara signifikan.

Dibanding model sebelumnya, Gold Wing model terbaru menggunakan mesin baru yang lebih powerful, irit, dan lebih kompak. Mesin berkapasitas 1800cc berpendingin cairan 6 silinder yang menjadi dapur pacunya memuntahkan daya maksimum 92.9kW @5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm @4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Bobot mesin Honda Gold Wing terbaru lebih ringan dibanding model sebelumnya. Mesinnya diletakkan didepan pada casis untuk distribusi berat yang lebih ideal.

Dengan mesin yang lebih kompak serta posisi duduk rider yang sedikit lebih maju ke depan, Gold Wing 2018 diklaim memberikan peningkatan kenyamanan dan ergonomis yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Fairing pada Gold Wing terbaru menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap angin dan udara. Terdapat saluran udara yang membantu rider tetap merasa sejuk saat touring di hari-hari yang panas. Windscreen dapat dinaik-turunkan secara elektrik, plus secara otomatis dapat mengingat pengaturan terakhir.

Jok motor menggunakan material baru yang dilengkapi dengan sistem monitoring tekanan angin pada ban untuk membuat turing lebih nyaman. Tempat duduk Honda Gold Wing terpisah antara rider dengan pembonceng. Bagian tempat dudu rider lebih sempit, untuk memudahkan mencapai tanah.

Kenyamanan menunggangi Honda Gold Wing ini didukung pula dengan penyematan Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System.

Keseluruhan pencahayaan sudah menggunakan LED untuk mendukung performa turing model ini, melalui penggunaan rangkaian lampu depan yang berbentuk “wing lines” baru dan lampu sein yang juga memiliki fitur auto-cancel untuk memudahkan pengendara.

Sistem bagasi dirancang supaya user-friendly dan berkontribusi terhadap dimensi motor yang lebih kompak, lebih sporti, serta bobot yang lebih ringan. Setiap sisi bagasinya memiliki kapasitas 30 liter, dan bagasi atas berkapasitas 50 liter (dapat menampung 2 helm full-face). Bagasi dapat dibuka secara elektrik dengan menekan tombol, dan Smart Key dapat digunakan untuk mengunci dan membuka kunci bagasi secara remote. Terdapat pula sistem hidrolis yang memungkinkan proses membuka dan menutup bagasi menjadi lebih smooth.

Pada rak penyimpanan tengah, terdapat DC Socket untuk power charger dan penghubung dengan fitur Apple CarPlay™ yang menghubungkan motor dengan ponsel iPhone penggunanya untuk menunjukkan peta, kontak, dan musik. Fitur ini dapat diakses melalui layar display dan tersedia juga konektivitas Bluetooth.

Honda Gold Wing juga mendapat penyematan gyrocompass sehingga pengendara tetap dapat menggunakan pemandu jalan bahkan saat di dalam terowongan.

Sistem audio amplifier pada model Gold Wing terbaru mendapat penyematan speaker berbobot ringan agar sesuai dengan posisi duduk pengendara sehingga menghasilkan suara yang jernih.

Berikut ini fitur-fitur canggih bergengsi yang terdapat pada Honda Gold Wing 2018:

  • Throttle-by-wire (TBW). Sistem throttle-by-wire pada Honda Gold Wing 2018 membolehkan fitur-fitur seperti Honda Torque Control (HSTC) di semua model Gold Wing Tour.
  • Electronic Preload Suspension. Sistem suspensi terdiri dari 4 mode untuk berbagai beban. Rider dapat memilih mode 1 (Rider), (2) Rider with loaded bags, (3) Rider and passenger, (4) Rider and passenger with loaded bags.
  • Ride Modes. Terdapat 4 mode riding (Tour, Sport, Rain dan Economy) yang dapat dipilih melalui layar display berwarna berukuran 7 inchi.
  • Smart Key. Fitur pintar untuk mengaktifkan mesin tanpa menggunakan kunci konvensional ini terintegrasi dengan answer back system untuk memudahkan menemukan motor di tempat yang gelap atau di areal parkir yang ramai.
  • Suspension Mode. Ketika rider memilih mode riding (Tour, Sport, Rain dan Econ), selain menyesuaikan karakter daya mesin, mode tersebut juga mengubah karakteristik redaman suspensi, secara otomatis mengontrol aliran minyak pada shock depan dan belakang. Ini akan membantu mengoptimalkan kemampuan manuver motor pada kondisi jalan yang berubah-ubah.
  • Hill Start Assist. Fitur ini akan menahan posisi sepeda motor agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan.
  • Tire Preassure Monitoring System. Dengan fitur ini, rider dapat memeriksa tekanan ban melalui layar display. Sistem ini juga akan memberikan peringatan ketika tekanan ban turun.

Varian dan Harga Honda Gold Wing 2018

Honda Gold Wing Tour DCT tersedia dalam dua pilihan warna, Pearl Glare White dan Candy Ardent Red dan dibanderol seharga Rp. 1.010.000.000 (OTR Jakarta)