Honda Super Cub 2018 - Glint Wave Blue Metalic

Produksi Tembus 100 Juta Unit, Honda Merilis Ulang Super Cub Series 50 Pro dan Super Cub 110 Pro 2018

October 23, 2017

Honda Super Cub Series merupakan salah satu motor bebek Honda yang paling laris di seluruh dunia. Setelah mencapai total produksi 100 juta unit di seluruh dunia, Honda mengumumkan akan merilis kembali motor ini dengan desain yang diperbaharui.

Versi rilis ulang dari model Super Cub 50cc dan 110cc ini akan hadir dalam varian standar dan pro, dan akan di lepas di pasar Jepang mulai 10 November mendatang. Proses produksinya pun dipindahkan dari China ke pabrik Honda di Kumamoto, Jepang.

Honda Super Cub diproduksi sejak tahun 1958 dengan nama Super Cub C100. Model ini telah┬ámengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga menjadi “long-selling” model yang dicintai customer. Tahun 2005 Honda telah memproduksi model ini sebanyak 50 juta unit, dan menjadi dua kali lipatnya di tahun 2017.

Honda Super Cub yang baru mendapat perubahan styling yang menyerupai model asli keluaran 1958. Bebek ini mendapat sentuhan retro pada lampu utama dan lampu sein yang bulat dan lampu belakang yang berbentuk bulat memanjang. Pelindung lutut dibuat lebih melengkung menyerupai versi jadulnya.

Honda Super Cub 50 dan Super Cub 110 2018

Kedua model ini sama-sama mengusung mesin silinder tunggal 4 tak berpendingin udara masing-masing 49cc dan 109cc. Pabrikan Jepang ini melakukan sedikit pembaharuan dengan menyematkan teknologi low-friction dan penggunaan piston dan silinder yang lebih tangguh dan minim gesekan. Honda juga memastikan bebek retro ini telah memenuhi peraturan emisi gas buang yang berlaku di Jepang.

Motor retro ini memiliki penutup samping yang bisa dilepas. Sisi bagian kanan memberikan akses lebih mudah ke sistem elektronik dan sisi bagian kiri bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan dokumen dan catatan perawatan.

Super Cub 50 dan Super Cub 110 yang baru juga mendapat panel instrumen baru. Walaupun masih analog dan ringkas, namun penggunaan LED sebagai indikator sein belokan cukup membantu dari sisi visibilitas.

Walaupun lampu utama dan lampu sein bergaya retro, namun sudah menggunakan LED. Lebih hemat energi serta memberikan penerangan yang lebih baik bagi pengendara.

Honda Super Cub series yang baru ini juga mendapatkan jok baru berbahan urethane untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Super Cub 110 dilengkapi dengan rantai drive yang lebih besar untuk meningkatkan daya tahan dan keawetan.

Honda Super Cub 50 Pro dan Super Cub 110 Pro 2018

Super Cub 50 Pro dan Super Cub 110 Pro dikembangkan sebagai respon terhadap kebutuhan untuk penggunaan pengiriman surat kabar maupun paket. Keduanya diproduksi berbasis Super Cub 50 dan Super Cub 110.

Yang membedakan dengan versi standarnya, versi pro ini menggunakan ban berdiameter lebih kecil (14 inci). Sesuai dengan peruntukannya sebagai kendaraan pengiriman paket, Honda bebek retro ini juga dilengkapi dengan keranjang di bagian depan, dan rak untuk menaruh barang di bagian belakang.

Fitur-fitur yang disematkan pada Super Cub 50 dan 110 Pro ini antara lain:

  • Mekanisme penguncian rem depan meningkatan keamanan saat memarkir kendaraan, sementara standar samping yang lebih kuat meningkatkan stabilitas motor saat memuat barang.
  • Lampu posisi bisa dinyalakan jika tombol disetel ke posisi ON, bahkan saat mesin dimatikan.
  • Lampu utama lebih hemat energi dengan menggunakan LED.
  • Super Cub 110 Pro dilengkapi dengan rantai drive yang lebih besar untuk meningkatkan daya tahan dan keawetan.

sumber: Honda Worldwide