pcx vs nmax

Honda PCX vs Yamaha NMAX

Januari 2, 2021

Masih Bingung Antara Milih PCX vs Nmax?

Review PCX vs NMAX

Sejak awal kemunculannya hingga saat ini, pecinta skutik bongsor di Indonesia masih galau antara memilih Honda PCX atau Yamaha Nmax. Tak mengherankan memang, pasalnya kedua motor ini adalah lawan yang seimbang satu sama lain. Jadi, sebelum kamu memutuskan mau beli yang mana, ketahui dulu perbedaannya!

Gimana riders, sudah tahu perbedaannya? Kalau kamu masih belum yakin bagus mana PCX vs Nmax, tidak usah khawatir. Yuk cari tahu lebih detail di bawah ini!


Review Honda PCX 150 eSP dan Yamaha Nmax 155 | 2020

Bali – Sepeda Motor Indonesia (SMI) bersama Edward Speirs, Giorgio Rey dan Melody mendapat kesempatan untuk mengulas secara langsung semua perbedaan dari kedua skutik bongsor terbaru ini, Honda PCX vs Yamaha Nmax.

Pada saat ini keberadaan motor matic sedang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Sepeda motor jenis ini mampu memberikan kemudahan berkendara bagi para pemula. Tidak heran berbagai merek sepeda motor berlomba-lomba menghadirkan skutik dengan desain elegan dan juga irit bahan bakar untuk dapat menarik perhatian konsumen Tanah Air.

Pabrikan Honda sendiri telah mengeluarkan edisi terbaru dari skutik PCX ini, yakni Honda PCX 150 eSP. Honda PCX 150 merupakan motor keluaran Honda yang hadir untuk segmen motor skutik premium. Skutik Honda yang satu ini memang terlihat lebih elegan dan canggih daripada motor matic honda pada umumnya.

Disisi lain, pada bulan Desember 2019, Yamaha mengeluarkan perubahan mayor dari Nmax 155 yang dipasarkan sebagai model New Yamaha Nmax 2020. Ini adalah edisi terbaru dari salah satu jenis skutik terlaris milik Yamaha.

pcx dan nmax mengemudi di jalan raya
PCX dan NMAX in Action di jalan

Desain Nmax 2020 vs PCX 2020

New Honda PCX 2020 terlihat memiliki memiliki body yang futuristik, elegan, lebih ergonomis dan tentunya nyaman karena memiliki body yang lebar. Stangnya juga mendapat polesan chrome sehingga terlihat berkilau pada saat berkendara di siang hari. Lampu yang terpasang pada bagian depan dan belakang juga sudah LED. Untuk desain Nmax 2020 sendiri memiliki desain body yang lebih tinggi dan juga manly atau maskulin. Lampu yang terpasang pada Nmax juga sudah LED depan belakang. Mungkin soal desain, Nmax tidak perlu diragukan lagi sebab pernah mendapatkan gelar motor dengan desain terbaik loh.

Pindah ke sisi ban dan velg, Nmax memiliki ban depan dan belakang yang lebih lebar daripada PCX. Dengan ukuran ban yang lebar ini memberikan kestabilan pada saat berkendara dan berbelok. Namun, soal gaya PCX adalah pemenangnya. PCX memiliki velg yang berwarna emas. Pemilihan warna velg yang tepat ini berpengaruh pada penampilan pengendara. 

Spesifikasi Nmax vs. Honda PCX

Pertama kita akan membahas soal performa mesin milik Honda PCX 2020 terbaru ini. Skutik ini memang hadir untuk berkendara di dalam maupun luar perkotaan sekalipun. PCX ditopang oleh pendingin cairan PGM-FI 149.3 cc mesin satu silinder yang menghasilkan tenaga 14.48 Hp pada 8500 rpm dan torsi 13.2 Nm pada 6500 rpm.

Lebih canggihnya lagi, skutik ini telah mendapatkan teknologi ESP (Enhanced Smart Power) yang membantu mesin menjadi lebih halus, lebih irit serta tahan lama. Tambahan juga, terdapat idling stop system yang berguna untuk mematikan sementara mesin pada saat motor berhenti dalam kurun waktu yang lama terutama pada saat berhenti di lampu merah.

Lanjut ke spesifikasi Nmax yang dipersenjatai pendingin cairan Fuel Injection 155 cc mesin satu silinder. Skutik ini mampu menghasilkan tenaga 15.1 Hp pada 8000 rpm dan torsi 13.9 Nm pada 6500 rpm.

Seperti tak mau kalah, Yamaha Nmax juga memiliki sistem andalannya yang diberi nama blue core engine system dan VVA (Variable Valve Actuation). Berkat adanya sistem ini, motor jadi lebih irit dan efisien dalam menggunakan bahan bakar. Selain itu, terdapat pula teknologi idling stop pada mesin Nmax, namun dengan nama yang berbeda yakni start-stop system. Untuk menyalakan mesin, motor cukup di-gas, jadi sangat praktis dan irit bahan bakar. 

Kedua skutik ini sama-sama memiliki suspensi yang terbaik di kelasnya. Sehingga para pengendara maupun penumpang tidak perlu khawatir apabila melewati jalan dengan kondisi yang buruk sekalipun. 

Compare for Honda PCX vs Yamaha Nmax

OVERVIEWHONDA PCXYAMAHA NMAX

Engine & Performance

Engine Type4-Steps, SOHC, PGM-FI, liquid-cooled, eSPSingle Cylinder, 4-Stroke, Liquid Cooled SOHC VVA Engine
Displacement149.3155
No. Of Cylinder11
Valve ConfigurationSOHCSOHC
Maximum Power14.4815.1
Maximum Torque13.2 Nm13.9 Nm
RPM at Maximum Torque65006500
RPM at Maximum Power85008000
No. Of Strokes4-Stroke4-Stroke
Bore X Stroke57.3 mm x 57.9 mm58 mm x 58.7 mm
Compression Ratio10.6:111.6:1
Cooling SystemLiquid CooledLiquid Cooled
Clutch TypeAutomatic, Centrifugal, Dry TypeSingle Dry Type
Exhaust PipesSingle ExhuastSingle Exhuast
Drive TypeBelt DriveBelt Drive
Sepedamotor.com overview list Honda PCX vs. Yamaha Nmax

Fitur-Fitur Nmax 2020 vs PCX 2020

New Honda PCX 2020 hadir dengan fitur keyless dan lengkap dengan fitur security system seperti alarm anti maling. Nah, dengan adanya locking system ini, berkendara jauh lebih aman dan praktis. Bergeser sedikit, fitur Nmax 2020 memiliki dua laci, satu bisa buka-tutup jadi sangat aman untuk menaruh handphone apabila hujan. Laci yang lagi satu memiliki ukuran yang cukup besar tetapi terbuka, cocok untuk menaruh botol minuman serta terdapat USB Charging. PCX sendiri juga memiliki USB Charging yang berada pada lacinya yang tertutup, sehingga handphone aman di-charging walau sedang gerimis.

Selanjutnya, Honda PCX 2020 terbaru memiliki speedometer digital dengan tampilan yang cantik dan elegan. Yamaha Nmax sendiri juga memiliki speedometer digital, namun dari sisi sistem, speedometer milik Nmax jauh lebih canggih karena terkoneksi dengan aplikasi My Yamaha Motor. Berkat adanya aplikasi ini, memudahkan pengendara melihat kondisi terkini motor serta mengetahui service apa saja yang dibutuhkan. 

Lalu lanjut ke ukuran bagasi, New Yamaha Nmax memiliki bagasi yang lebih dalam dan lumayan besar. Bagasi ini sangat muat untuk menaruh helm dengan mudah. Sedangkan Honda PCX memiliki bagasi yang memanjang dan cukup untuk menaruh helm juga. 

Pada saat uji bunyi klakson, Yamaha Nmax memiliki bunyi klakson yang lebih tinggi dan nyaring sehingga orang yang jauh sekalipun dapat mendengarkannya. Sedangkan Honda PCX memiliki suara klakson yang lebih maskulin mirip seperti suara klakson moge (motor gede). 

Kenyamanan PCX dan Nmax

Dari segi kenyaman, kedua motor ini lumayan susah untuk dibedakan. Sebab, skutik premium ini memang didesain untuk memberikan kenyamanan tingkat tertinggi bagi pengendaranya dibandingkan motor matic lainnya. Pada saat mengendarai Yamaha Nmax, posisi tubuh pengendara tegap dan proporsional. Sedangkan untuk pengendara Honda PCX, postur tubuh pengendara tidak jauh berbeda dengan Nmax. Selain enak dipandang, posisi berkendara seperti itu juga dapat memberikan kesehatan pada tubuh pengendara. Untuk posisi kaki, baik pada Honda PCX maupun Yamaha Nmax dapat kita selonjorkan ke depan sehingga sangat nyaman terutama pada saat berkendara jarak jauh keluar kota misalnya. 

Kontur jok milik Honda PCX dan Yamaha Nmax memiliki kenyamanan yang sama. Selain itu ukuran jok yang dimiliki hampir sama dari segi tinggi dan lebar. Perbedaannya terdapat pada pegangan tangan penumpang pada bagian belakang jok. Apabila milik PCX berbahan plastik, pegangan tangan milik Nmax berbahan besi.

Pijakan kaki yang terpasang pada Honda PCX memiliki ukuran yang lebar, cocok untuk berboncengan karena memberikan kenyaman ekstra pada kaki penumpang. Sedangkan pijakan kaki pada Yamaha Nmax terlihat agak kecilan, simpel namun bergerigi sehingga tidak licin ketika penumpang menaruh kakinya.  

Warna Nmax 2020 vs PCX 2020

Ngomong-ngomong soal warna Nmax 2020, skutik ini memiliki tiga pilihan warna body. Antara lain; Matte Black, Matte Blue dan White. Seakan tidak mau kalah, New Honda PCX 2020 memiliki lima pilihan warna sekaligus. Antara lain; Glorious Matte Black, Royal Matte Blue, Magnificent Matte Brown, Majestic Matte Red dan Wonderful White. Kedua motor ini sebenarnya telah memiliki warna yang keren-keren. Jadi kalau sepeda motor mania bertanya lebih bagus Nmax modif simple atau pcx modif, itu balik ke selera masing-masing.

Warna NMAX 2020 vs. Warna PCX 2020
Warna NMAX 2020 vs. Warna PCX 2020

Harga PCX dan Nmax

Untuk harga, Honda PCX 2020 menawarkan harga yang berbeda untuk edisi ABS dan CBS, dengan kisaran harga mulai Rp 29,000,000 hingga Rp 32,000,000 (On The Road). Sedangkan harga Yamaha Nmax terbaru 2020 berkisar mulai Rp 29,000,000 hingga Rp 33,000,000 (On The Road) dan juga menawarkan pilihan ABS dan CBS.

Baca juga Honda PCX Review 2019


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com
Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 
Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 
YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube