Sejarah IMI

Hari Ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) Genap Berusia 115 Tahun!

Maret 27, 2021

Hari ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) genap berusia 115 Tahun. Sejarah IMI di awali sejak tanggal 27 Maret 1906. Saat itu bernama Javache Motor Club dan berkantor di Kota Semarang, Jawa Tengah. Seiring waktu, klub ini mengalami perkembangan hingga merubah namanya menjadi Het Koningklije Nederlands Indische Motor Club atau KNIMC.

Selanjutnya, ada perubahan nama lagi menjadi IMC atau Indonesische Motor Club sampai pada masa penyerahan kedaulatan dari Kerajaan Belanda kepada Pemerintah RI. Saat itu, IMC diambil alih oleh pemerintah RI dan nama IMC pun diubah lagi menjadi menjadi IMI yang digunakan hingga sekarang.

Pembentukan IMI Sendiri Telah Mendapatkan Pengakuan Dan Pengesahan Dari Badan-Badan Internasional. Beberapa Badan Yang Dimaksud Adalah AIT, FIA, Dan OTA. Kedudukan kantor IMI Pusat Saat Ini Berada Ibu Kota DKI Jakarta. 

Sejarah ikatan motor indonesia
Susunan pengurus Pusat IMI periode 2021-2024. Foto: Ikatan Motor Indonesia

Sejarah Perjalanan Ikatan Motor Indonesia

Kantor Pusat IMI yang sebelumnya berada di Semarang dipindahkan ke Jakarta. IMI sendiri telah mendapat pengakuan dan pengesahan dari Badan-Badan Internasional. Sampai dengan tahun 1968, organisasi induk olahraga motor ini menempati beberapa ruangan dari Kantor Bank Exim Kota. Setelah tahun 1968, Kantor Pusat IMI telah beberapa kali berpindah tempat, dan akhirnya sampai saat ini mendapat tempat di salah satu ruangan di sayap kanan Stadion Tennis, Jalan Pintu I Senayan, Jakarta.

Ketahui Juga Susunan Pengurus Pusat IMI

Ikatan Motor Indonesia 2021
Ada Raffi Ahmad Hingga Atta Halilintar, Berikut Susunan Pengurus Pusat IMI 2021-2024