Review BMW F900R Blog

BMW F900R : Review, Harga dan Spesifikasi

June 11, 2021

Ulasan Lengkap BMW F900R Motor Sport Naked Paling Canggih

Popularitas moge naked tampaknya masih trending di Indonesia. Pabrikan asal Jerman ini ikut meramaikan pasar sport naked dengan menghadirkan BMW F900R yang merupakan hasil upgrade dari BMW F 850 GS. Perubahan besar telah dilakukan mulai dari segi peningkatan performa berkat menggunakan mesin yang mempunyai kubikasi lebih besar.

 

Bagaimana menurutmu moge naked terbaru ini? Kalau penasaran, jangan berhenti sampai disini! Yuk kenali lebih jauh lagi dengan membaca artikel di bawah ini.


Review BMW F900R 2021

Bali Kali ini Sepeda Motor Indonesia (SMI) bersama Edward Speirs berada di salah satu dealer BMW Motorrad yang berlokasi di Ubud, Bali. Kami ditemani oleh Bapak Donny dari Biji Motor Word yang akan menjelaskan secara detail mengenai BMW F900R mulai dari desain terbaru, fitur-fitur hingga performa mesin yang perlu riders ketahui.

Seperti yang sudah kita ketahui, banyak orang mencoba membandingkan motor ini dengan BMW F 850 GS atau 850 R, namun apa sih yang membedakan motor ini dengan generasi sebelumnya? Well, BMW F900R 2021 sendiri hadir serba baru bagi para pecinta moge naked di Indonesia. Perubahan besar dilakukan oleh pabrikan asal jerman ini, mulai dari segi performa motor yang mengandalkan mesin dengan kubikasi yang lebih besar.

Selain itu, seperti yang bisa kita lihat sendiri tampilan body motor yang  agresif, sangat maskulin, dan tentunya sporty. Dengan mengusung kesan Roadster, motor ini memang menyasar segmen naked bike di Indonesia. Jadi tanpa tunggu lama, langsung saja kita mengulas motor buas ini mulai dari sisi desainnya.

logo BMW F900R
BMW F900R 2021 – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Desain Terbaru 

Soal first impression dari motor ini sekilas masih ada kemiripan dengan generasi sebelumnya, keduanya memiliki bagian muka yang sama. Seperti kesan garang yang terlihat dari desain headlamp yang digunakan pada motor ini. Terdapat headlamp baru dengan nama baru yang terpasang. Seri F 900 R dibekali dengan LED Headlight Pro pada lampu depannya. Fungsi dari lampu tersebut yaitu untuk menyinari blind spot pada situasi pengendara menikung di kemiringan 25 derajat. Jadi motor ini sangat cocok untuk anda yang hobi berkendara pada malam hari. 

Dengan desain sporty riding position berukuran 815 mm, posisi berkendara terbilang nyaman berkat jarak antara handle bar dan jok tempat duduk sudah pas. Jok seperti ini memungkinkan pengendara dapat duduk dengan tegak, dan bagian kaki pengendara bisa lebih rapat dengan motor. Selain manuver yang makin lincah, perjalanan jauh pun terasa begitu menyenangkan karena jok ini sangatlah nyaman. 

Lanjut pada tampilan bawah, ban berukuran besar lengkap dengan suspensi Upside Down melengkapi motor ini bersama dual disc brake di sisi depan dan belakang. Selain itu, naked bike ini semakin terlihat berisi dan gahar berkat velg yang tampak lebih lebar. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel Detail BMW F900R

Tipe mesin 4 Langkah, 4 Katup, Water-Cooled
Posisi silinder Silinder Ganda
Diameter x Langkah 86 mm x 77 mm
Perbandingan kompresi 13,1 : 1
Daya maksimum 105 Hp / 8.750 rpm
Torsi maksimum 92 Nm / 6.500 rpm
Sistem starter Elektrik
Kapasitas tangki 13,5 liter
Sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection)
Volume Silinder 895 cc
Tipe Kopling Multiple-Disc Wet Clutch, Mechanically Operated
sepedamotor.com

Spesifikasi BMW F900R

Untuk dapur pacunya, performa dari BMW F900R berasal dari kapasitas mesin 895 cc, in-line 2 Silinder, DOHC. Sistem pendinginnya pun tidak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya terdapat Cooling System pada bagian depan mesin dan diselipkannya radiator berukuran besar. Karena selain bertugas untuk mendinginkan, juga mampu menjaga performa mesin untuk tetap stabil. Di sektor transmisi, naked bike ini menggunakan 6-Kecepatan manual, yang membuatnya dapat menghasilkan output maksimum sebesar 105 Hp pada putaran mesin 8.750 rpm. Selain itu, torsi puncak mencapai 92 Nm pada 6.500 rpm. Maka tidak heran apabila motor ini terasa begitu tangguh ketika di jalanan. 

Dengan tenaga yang begitu besar, pasti banyak yang ingin tahu tentang controlling yang tidak lagi menggunakan brake system dari BMW. Motor ini mengusung rem sistem Dynamic Brake Control, jadi sistem ini berfungsi mengontrol roda depan dan roda belakang supaya tidak tergelincir. 

Ngomong-ngomong soal kapasitas bahan bakarnya, motor ini memiliki ukuran tangki yang lumayan besar dengan kapasitas hingga 13 liter. Terdapat fitur teknologi keyless ride, sehingga buka tangki tidak perlu pakai kunci. Cukup buka penutup tangki pada saat motor dalam kondisi mati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur Andalan 

BMW yang dikenal sebagai produsen mewah dengan segudang fitur berteknologi tinggi, tentu memiliki berbagai macam fitur – fitur terbaru yang pastinya canggih untuk moge terbarunya ini. Di bagian suspensinya, motor sport naked ini dibekali fitur suspensi Dynamic ESA. Fungsi dari teknologi ini yaitu untuk menyesuaikan pengendara dan penumpang. Jadi cukup dengan menekan tombol Dynamic Esa pada bagian stang kiri motor, suspensi tersebut dapat naik dan turun menyesuaikan beban diatasnya.

Fitur andalan lainnya yakni panel instrumen yang sudah full digital dengan menggunakan TFT 6 ½ inch ditambah connectivity dan kombinasi layar berwarna. Lebih canggihnya lagi, bagi pengguna F900R bisa mengunduh aplikasi BMW Motorrad Connected untuk dapat tersambung dengan odometer. Dengan aplikasi ini, pengendara dapat melihat status motor, GPS, konsumsi bahan bakar, tekanan angin pada ban depan-belakang dan sebagainya. Semuanya dapat terlihat di monitor panel instrumen dan gadget anda. Selain itu terdapat 3 Riding Mode yang diantaranya Rain, Road dan Dynamic. Eits! Info tambahan, bagi pengendara yang benar-benar ingin mengeksplor motor ini menuju tenaga maksimum bisa menggunakan Dynamic Pro. Untuk upgrade riding mode ke Dynamic Pro itu sendiri, dapat dilakukan melalui bengkel resmi BMW terdekat anda ya!

Tidak sampai disitu, di bagian transmisinya juga terdapat fitur canggih yang bernama Gear Shift Assistant Pro. Fitur ini berfungsi pada saat kita memasuki gigi pertama dan kedua. Setelah gigi kedua atau pada saat diatas 4000 rpm, kita tidak perlu menekan tuas kopling. Jadi pengendara bisa langsung memasukan gigi dengan mudahnya pada kecepatan tinggi. Alhasil akselerasi makin terasa cepat. Mantap bukan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan Warna BMW F900R

Nah yang tak kalah bikin kita penasaran adalah varian warna yang ditawarkan. BMW F900R memiliki tiga pilihan warna yang diantaranya; Black Stone Metallic, San Marino Blue dan Racing Red.

pilihan warna bmw f900r
Warna BMW F900R – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Harga BMW F900R | 2021

Setelah mengetahui semua desain terbaru, performa mesin, fitur andalan dan pilihan warna, kali ini kita akan memberitahu soal harga terkini. Harga BMW F900R 2021 yakni IDR 427,000,000 (Off The Road).

Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin melihat langsung motor sport naked ini bisa kunjungi dealer BMW yang telah tersebar di kota besar Indonesia. Apabila anda ingin melakukan service motor agar tampak seperti baru beli, dapat mengunjungi BMW Service Center yang tersedia di Jakarta, Surabaya, Bali, Batam dan Makassar.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com

Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 

Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 

YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube