alex rins

Kecelakaan Sepeda, Alex Rins akan Absen di Catalunya

June 4, 2021

BARCELONA – Alex Rins dipastikan tidak akan mengikuti seri MotoGP Catalunya 2021 (6/6). Informasi tersebut disampaikan oleh Team Suzuki Ecstar via akun Twitter-nya.

Pembalap asal Spanyol itu cedera karena mengalami kecelakaan saat berlatih menggunakan sepeda kemarin pagi (3/6) di lintasan sirkuit Montmelo, Spanyol.

Alex Rins terjatuh saat sesi latihan dan akibatnya dia mengalami cedera pada lengan kanannya, dengan area memar yang luas dan rasa sakit luar biasa. Dia dengan cepat dibawa ke Rumah Sakit Universitari Dexeus Barcelona untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemeriksaan medis mengungkapkan patah tulang jari-jari sehingga tidak bisa bergerak dan hari ini (4/6) dia akan menjalani operasi untuk memperbaikinya.

Selain itu, ia juga mengalami benturan tengkorak selama kecelakaan sehingga dia diperiksa dengan CT Scan setibanya di rumah sakit – tes tersebut tidak menunjukkan adanya kekhawatiran.

Dokter Xavier Mir, Direktur Unit Bedah Tangan dan Bedah Mikro di Departemen Traumatologi dan Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Universitari Dexeus melaporkan: “Alex Rins menderita patah tulang artikular radius distal kanan dengan perpindahan kecil dan peradangan tinggi. Kami memiliki dua pilihan; salah satunya adalah untuk melumpuhkan fraktur (patahan) dengan plester, tetapi pemulihan akan memakan waktu sekitar 4-6 minggu. Atau, sebagai alternatif, kami mengusulkan operasi, yang kami anggap sebagai pilihan terbaik. Besok pagi (red: hari ini) kami akan turun tangan dan memasang dua sekrup pada tulang yang terluka”.

“Sayang sekali apa yang terjadi hari ini (red: kemarin). Saya benar-benar ingin balapan di sini di Montmelo dan memiliki performa yang solid untuk kembali ke trek setelah beberapa balapan sulit. Besok (red: hari ini) saya akan menjalani operasi dan kemudian kita akan berbicara tentang waktu pemulihan. Bagaimanapun kami akan bekerja sangat keras untuk mendapatkan perasaan itu kembali sesegera mungkin dan mencoba untuk kembali dengan cepat. Saya belum tahu apakah saya akan siap untuk GP Jerman tetapi saya akan bekerja keras untuk menjadi bugar saat itu. Terima kasih Anda atas pesan dukungannya,” kata Alex Rins, kemarin (3/6).

Shinichi Sahara – Project Leader and Team Director Team Suzuki Ecstar mengatakan posisi Alex Rins tidak akan digantikan oleh orang lain di MotoGP Catalunya 2021. Namun, Sylvain Guintoli akan melakukan pengujian sesuai rencana pada Senin (7/6) di sirkuit Barcelona-Catalunya. ##