Tips Merawat Injektor Motor

Tips Merawat Injektor Motor

June 3, 2021

JAKARTA – Saat ini, semua sepeda motor baru yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan sistem mesin injeksi sebagai pengganti karburator. Berikut ini kami sampaikan tips merawat injektor motor

Selain mengandalkan electronic control unit (ECU), sistem yang diklaim lebih efisien ini juga mengandalkan throttle body yang bertugas sebagai pengganti karburator.

Di dalam throttle body sendiri terdapat salah satu komponen utama yang disebut dengan injektor. Karena komponen tersebut merupakan salah satu komponen utama, maka bikers pun disarankan untuk melakukan perawatan injector.

Jika injector tak dirawat dengan baik, maka hal itu membuat kinerja mesin menjadi tersendat-sendat karena aliran bahan bakar yang kurang lancar. Hal ini terjadi karena terdapat kotoran mikro di dalam injektor. Mengingat sistem injeksi merupakan sistem yang membutuhkan akurasi tinggi, maka kotoran itu berpotensi membuat aliran bahan bakar menjadi kurang lancar dan kemudian membuat mesin tersendat-sendat.

Oleh karena itu, PT Wahana Makmur Sejati – distributor motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang – menyarankan agar pengendara melakukan perawatan spesifik pada komponen injektor. Perawatan yang dilakukan sendiri biasanya diawali dengan melakukan pembersihan pada komponen tersebut.

Pembersihan ini sendiri biasanya dilakukan dengan injector cleaner. Dengan cairan ini, maka kotoran dalam injektor yang bisa berasal dari bahan bakar maupun sisa pembakaran ini dapat dibersihkan dengan mudah.

Selanjutnya, jika dirasa perlu, maka injektor tersebut harus dilepas dari throttle body untuk kemudian dilakukan pemeriksaan menggunakan injector tester. Dengan alat tersebut, maka teknisi dapat melakukan diagnosa secara cepat dan akurat.

Seluruh langkah perawatan ini sendiri biasanya tercakup dalam prosedur perawaratan throttle body. Oleh karena itu, lewat biaya perawatan sekitar Rp 200 ribu, bengkel resmi biasanya akan melakukan tahapan pembersihan throttle body, filter udara dan injektor.

Dengan perawatan ini, maka aliran bahan bakar akan selalu lancar sehingga performa motor dapat terus terjaga. Langkah ini pun sekaligus mampu membuat efisiensi bahan bakar selalu terjaga.

Semoga tips merawat injektor motor ini bermanfaat untuk Anda. ##