Honda VFR750R

Honda Jual Onderdil Asli Motor Legendaris VFR750R

May 31, 2021

BRACKNELL — Pada tahun 80-an, Honda sempat menghadirkan motor gede (Moge) yang jadi salah satu Moge terlaris. Motor itu sendiri adalah Honda VFR750R.

Motor dengan kode model RC30 itu merupakan sebuah motor spesial karena jadi produk yang dihadirkan sebagai homologasi dalam ajang World Superbike Championship. Tak heran, motor yang diluncurkan pada 1987 itu pun jadi motor yang sangat diminati oleh para pecinta Moge.

Saat ini, motor itu jadi salah satu colector item. Hal itu kemudian mendorong Honda untuk memasarkan sejumlah suku cadang (spare part) baru untuk RC30 di Eropa.

Dikutip dari Honda pada Jumat (28/5), genuine replacement parts ini sendiri tadinya telah dihadirkan untuk pasar di Jepang tahun lalu. Kini, giliran pengguna RC30 di Eropa yang dapat menikmati genuine replacement parts (komponen-komponen pengganti asli) tersebut.

Kehadiran genuine replacement parts ini sendiri dikemas lewat program yang disebut dengan “RC30 Forever”. Lewat program ini, Honda ingin agar para pengendara Moge ikonik itu mampu mengendarai motornya dengan aman berkat dukungan spare part yang berkualitas.

Program ini digelar dengan menggandeng para pengguna RC 30. Dengan begitu, tiap spare part yang diproduksi adalah komponen yang benar-benar dibutuhkan oleh para pengguna motor tersebut.

Informasi dari para pengguna kemudian disampaikan kepada pihak riset dan pengembangan Honda dan menghasilkan 150 genuine replacement parts. Komponen-komponen itu sendiri adalah bagian engine, chassis, bodywok dan komponen elektronik.

Seluruh genuine replacement parts itu pun telah mulai dipasarkan pada Mei 2021. Untuk dapat menikmati komponen-komponen tersebut, para pengguna Honda VFR750R dapat melakukan pemesanan lewat dealer Honda di Eropa.

Secara produk, Honda VFR750R sendiri merupakan motor bermesin 748cc 90° V4yang dikemas sebagai sepeda motor fully faired solo seat. Motor ini pun dihadirkan secara terbatas dengan total produk sebanyak 5 ribu unit di seluruh dunia.

Honda VFR750R merupakan hand-built (dibikin oleh tangan-tangan ahli) di pabrik Hamamatsu, Jepang. Kemunculan perdananya di Tokyo Motor Show 1987, dan penampilan perdanannya di Eropa pada 1998.

Fred Merkel menjadi pembalap yang menjuarai World Superbike Championship 1988 dan 1989 menggunakan Honda VFR750R.  ##