JACK MILLER

Kena Penalti, Jack Miller Menangi MotoGP Prancis 2021

May 16, 2021

LE MANS – Jack Miller kembali merebut kemenangan, kali ini, di MotoGP Prancis 2021. Pada akhir April lalu pembalap Ducati Lenovo ini menang di MotoGP Spanyol. Artinya dia berhasil meraih dua kemenangan secara beruntun.  

Balapan MotoGP Prancis 2021 sendiri diwarnai hujan, padahal sejak babak Pemanasan (Warm Up), balapan Moto3 dan Moto2 cuaca bersahabat. Ada beberapa awan gelap yang menjulang di daerah sekitar sirkuit. Seluruh pembalap telah memilih ban Michelin  lembut dan slick untuk memulai balapan, dengan beberapa prakiraan menunjukkan mungkin akan ada hujan di tengah balapan.

Pembalap Australia itu mendominasi balapan berat yang membuat para pembalap berurusan dengan pertukaran motor mengikuti aturan “bendera-ke-bendera”. Saat mereka mulai dengan kondisi kering, langit segera menjadi mendung, dan hanya dalam beberapa putaran, hujan mulai turun.

jack miller

Pada lap lima, Jack Miller, yang berada di posisi keempat setelah langsung masuk ke gravel, kembali ke pit untuk melakukan pergantian motor tetapi berhasil bergabung kembali di tempat ketiga. Namun, pebalap Ducati Lenovo Team itu harus menjalani hukuman double long lap karena melebihi kecepatan 60 km/jam di pit lane.

Jack Miller tetap ketiga dan, pada lap 12, setelah Marc Márquez tersingkir. Dia menyalip Fabio Quartararo dan memimpin balapan sampai bendera kotak-kotak (finish) berkibar. Di belakangnya, pahlawan tuan rumah Johann Zarco menempati posisi kedua dengan Ducati Desmosedici GP dari Pramac Racing Team.

“Memenangkan dua balapan berturut-turut adalah impian bagi saya, apalagi setelah balapan yang begitu sulit di mana saya bahkan harus menempuh double long lap dan berakhir di gravel. Jadi untuk bisa mendapatkan hasil ini sungguh luar biasa! sangat panjang dan sulit secara mental. Saya mencoba untuk menjaga konsentrasi dan terus mengatakan pada diri sendiri untuk tetap tenang. Dengan cara ini, saya mengatur ban dengan baik dan menyelamatkannya hingga akhir, mengelola keunggulan atas Johann, yang semakin dekat dengan akhir. Itu benar-benar kemenangan yang fantastis!” komentar Jack Miller.

Kemenangannya di Prancis menjadikannya sebagai pembalap Australia pertama sejak Casey Stoner pada 2012 menang dua kali secara beruntun.

Penampilan luar biasa juga ditunjukkan oleh Bagnaia. Hari ini dia finish keempat. Pembalap Italia, yang memulai dengan waktu tercepat keenam belas, sempat turun ke posisi kesembilan belas pada lap pertama tetapi, setelah pertukaran motor, dia mampu untuk bergabung kembali di posisi kesebelas. Dia juga kena penalti double long lap. Berkat langkahnya yang mantap, ia bisa menyusul para rivalnya, melewati mereka untuk meraih posisi keempat.

Di penghujung putaran kelima musim MotoGP 2021, Ducati dan  Ducati Lenovo Team berada di urutan pertama klasemen konstruktor dan tim. Dalam kejuaraan pembalap, Bagnaia kini berada di urutan kedua, hanya terpaut satu poin di belakang Quartararo, sedangkan Jack Miller menempati posisi keempat. ##