cara membedakan helm cargloss asli dan palsu

Tips Membedakan Helm Asli dan Palsu Dari Cargloss, Simak Caranya

April 17, 2021

JAKARTA – Potensi pasar helm di Tanah Air membuat adanya produsen helm yang memasarkan helm bajakan. Helm itu hadir dengan memalsukan merek tertentu sehingga mampu menarik minat pembeli karena hadir dengan brand terkenal tapi harganya jauh lebih murah.

Kondisi memprihatinkan ini pun mendorong Cargloss Helmet untuk memberikan edukasi bagi masyarakat dalam mencegah pembelian helm bajakan.

General Manager Cargloss Helmet, Endin Nasrudin mengatakan, tentu helm bajakan merupakan produk yang harus dihindari karena helm tersebut disajikan dengan kualitas yang tidak sesuai dengan standar keamanan.

Untuk menghindari helm palsu, diperlukan sejumlah langkah untuk mampu mengindentifikasi keaslian dari helm tersebut. “Pengendara dapat melakukan beberapa langkah mudah dalam mengenali keaslian helm. Pertama adalah dengan melihat logo yang terdapat pada helm tersebut,” kata Endin dalam worshop virtual Cargloss Helmet beberapa waktu lalu.

Biasanya, helm palsu menggunakan logo dengan stiker. Artinya, logo itu dapat dengan mudah dikelupas. Sedangkan helm asli biasanya menghadirkan logo lewat decal yang dilapisi dengan clear coating. Hal ini pun dilakukan oleh Cargloss Helmet sehingga logo pada helm terlihat lebih berkualitas dan tak mudah dikelupas.

Selain itu, lanjut dia, helm palsu biasanya hanya menghadirkan identitas berupa logo dan tidak menampilkan identitas perusahaan pembuat helm tersebut. Artinya, jika pada helm tersebut hanya menampilkan merek tetapi tidak dilengkapi dengan identitas produsen, maka dapat dipastikan bahwa helm tersebut merupakan helm palsu.

“Cara berikutnya adalah dengan menguji kualitas dari busa yang terdapat pada bagian dalam helm. Busa pada helm asli biasanya memiliki karakter yang cukup keras agar mampu memberikan peredaman yang optimal,” ujarnya.

Sedangkan busa pada helm palsu biasanya cenderung lebih lunak sehingga tak mampu memberikan perlindungan yang baik saat terjadi kecelakaan.

Nah, bagi konsumen yang melakukan pembelian helm secara online, ia juga membagikan cara khusus yang dapat diterapkan saat melakukan transaksi lewat marletplace. Meningat, konsumen yang melakukan pembelian helm secara online tak mampu melakukan pemeriksaan produk secara fisik.

“Kami sangat menyarankan agar konsumen hanya melakukan transaksi lewat official store. Dengan begitu, maka bisa dipastikan helm yang ditawarkan merupakan helm asli,” ucap dia.

Berkaitan dengan pemasaran lewat online marketplace, Cargloss Helmet juga melakukan kerja sama dengan sejumlah marketplace demi dapat menekan penyebaran helm palsu. Kerja sama itu dilakukan dengan menutup sejumlah akun yang memasarkan helm palsu. Hal ini dilakukan karena sejumlah produk Cargloss Helmet juga banyak yang dipalsukan dan dipasarkan lewat marketplace.