Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021

Kembali Gerakkan Inovasi Wirausahawan Muda Indonesia, Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021 Resmi Dimulai

Maret 3, 2021

Shell Indonesia kembali menggerakkan semangat wirausahawan muda Indonesia untuk mengembangkan solusi energi bersih masa depan melalui Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021!

Jakarta [01 Maret 2021], Pelaksanaan Virtual Bootcamp pertama pada 6-7 Maret 2021 mendatang menandakan dimulainya Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021 yang hadir untuk membangun potensi para inovator dan wirausahawan muda dari Aceh sampai Papua di bidang energi baru dan terbarukan (EBT). Program ini secara konsisten mencari wirausahawan-inovator muda Indonesia di bidang EBT dari berbagai provinsi. Di tahun ini, terjadi peningkatan signifikan pada keragaman daerah asal pendaftar dengan bergabungnya pendaftar dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Rhea Sianipar, VP External Relations Shell Indonesia mengungkapkan antusiasme terhadap respon positif para calon wirausahawan muda Indonesia. “Ada lebih dari 190 proposal bisnis dari berbagai tim di 24 provinsi di Indonesia yang kami terima tahun ini. Hal ini menjadi cerminan semangat generasi muda Indonesia untuk terus menghasilkan ide-ide bisnis cemerlang dalam bidang efisiensi energi, yang kami harap nantinya akan mampu menjawab berbagai permasalahan strategis di sektor energi.”

Shell Indonesia menyelenggarakan program Shell LiveWIRE sejak 2003 untuk memberikan dukungan pembinaan, pelatihan dan bantuan dana kepada wirausaha muda pemula yang telah menjalankan bisnisnya maksimal dua tahun. Program tersebut telah menjangkau lebih dari 7.000 anak muda Indonesia. Pada tahun 2018, Shell kemudian memfokuskan dukungannya kepada wirausaha muda di bidang EBT, dan menyesuaikan nama programnya menjadi Shell LiveWIRE Energy Solutions. Dengan aspirasi menjangkau lebih banyak wirausahawan muda potensial di seluruh penjuru negeri, Shell mengadakan tiga Virtual Roadshow bersama sejumlah pembicara dan alumni Shell LiveWIRE periode sebelumnya sepanjang November-Desember 2020. Selain membahas ilmu dan perkembangan terkini di bidang EBT, rangkaian roadshow juga menawarkan peluang bagi para wirausahawan untuk mewujudkan visi mereka melalui Shell LiveWIRE Energy Solutions.

Kompetisi bisnis shell indonesia
Peserta kompetisi mengembangkan rancangan bisnisnya. Foto: Shutterstock

Mendukung Wirausahawan Muda Mejuwudkan Impiannya

Shell LiveWIRE Energy Solutions adalah sebuah platform kewirausahaan bidang energi bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan ide dan bisnis EBT-nya dengan berbagai kegiatan peningkatan kapasitas bisnis dan manajemen yang komprehensif, yang dibutuhkan oleh wirausahawan pemula agar ide mereka dapat direalisasikan menjadi bisnis yang berkembang secara berkelanjutan.

Kehadiran para pendaftar dari berbagai provinsi tahun ini menandakan geliat ide bisnis EBT yang semakin marak di kalangan milenial. Bisnis EBT yang mereka kembangkan tidak hanya berpotensi berkontribusi pada penyediaan lapangan kerja, tapi juga mendukung upaya Pemerintah dalam mencapai bauran energi 23% pada tahun 2025 serta dalam menapaki perjalanan transisi energi.

“Program ini adalah bentuk komitmen dari Shell Indonesia. Kami ingin Shell LiveWIRE Energy Solutions dapat menjadi wadah bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan berbagai embrio solusi energi bersih yang penuh manfaat, yang tentu saja tidak hanya bermanfaat untuk Indonesia tapi juga secara global,” tambah Rhea.

Di 2021 ini, proses seleksi Shell LiveWIRE Energy Solutions dibagi menjadi dua tahap. Seleksi tahap pertama menilai bagaimana ide bisnis mereka dapat menawarkan solusi bagi berbagai isu energi saat kini dan masa depan, motivasi dalam mengikuti program, dan keunggulan kompetitif (competitive edge) yang mereka miliki. Dari proses ini, terpilih 76 pendaftar yang lolos ke tahap selanjutnya.

Seleksi tahap dua berlangsung mulai 27 Januari sampai 14 Februari 2021. Di tahap ini, mereka akan bersaing untuk meyakinkan panel juri dengan mempresentasikan ide bisnis mereka masing-masing secara virtual melalui video berdurasi 5 menit. Hasilnya telah diumumkan pada 22-23 Februari 2021, dimana 36 tim peserta dinyatakan lolos seleksi. Para peserta yang terpilih akan menjalani rangkaian Virtual Bootcamp, meliputi kegiatan pelatihan, mentoring, dan kesempatan membangun jejaring profesional yang dapat mendukung pengembangan ide bisnis EBT mereka. Para peserta yang lolos juga berkesempatan untuk menggali ilmu dan informasi terbaru terkait EBT dari para ahli di industri.

Beradaptasi dengan situasi pandemi saat ini, Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021 diadakan sepenuhnya secara virtual guna mencegah potensi penyebaran COVID-19. Penyesuaian format acara ini tidak menyurutkan semangat Shell dalam mendampingi para wirausahawan muda untuk mewujudkan visi bisnis mereka yang berkelanjutan.


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com

Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 

Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 

YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube