yamaha all new xsr 155 retro desain

All new Yamaha Retro-Classic XSR 155

Januari 18, 2021

Test Ride Lengkap New Yamaha XSR 155

Yamaha XSR 155 Review

Peminat motor modern bergaya klasik memang tidak pernah ada habisnya. Yamaha XSR 155 hadir sebagai sepeda motor berdesain retro modern dengan mesin yang irit dan kencang, tak lupa fitur-fitur yang lumayan canggih. Penasaran seperti apa wujud Yamaha All New XSR 155? Yuk kita kupas tuntas mulai dari desain luarnya hingga detailnya!

Bagaimana menurut kamu motor Yamaha XSR 155? Jika kamu sudah mulai tertarik, jangan berhenti sampai disini! Yuk kenali lebih jauh lagi dengan membaca artikel di bawah ini.


Review Yamaha XSR 155 | 2020

Bali – Sepeda Motor Indonesia (SMI) bersama Edward Speirs mendapatkan kesempatan eksklusif untuk keliling Bali bersama Yamaha XSR 155, motor naked bike bergaya retro modern terbaru dari Yamaha yang rilis pertama kali pada tahun 2019.

Pasar naked bike dengan gaya retro tampaknya semakin meriah berkat hadirnya Yamaha XSR 155 yang meluncur pada akhir tahun 2019. Pesonanya belakangan ini mulai diminati konsumen tanah air dan perlahan menjadi trendsetter motor retro-modern, khususnya untuk kawula muda.

Pada sesi interview bersama Pak Ngurah Eka dari Yamaha DDS Bali, kami mendalami fitur dan spesifikasi motor ini secara detail dan menyeluruh. Lalu kami melanjutkan sesi interview bersama komunitas pecinta XSR 155 di Bali untuk mencari tau bagaimana review sebenarnya dari pengguna motor sport ini. Yuk pantau terus keseruan kami mengendarai berbagai merek sepeda motor hanya di channel Youtube Sepeda Motor Indonesia.

XSR 155 merupakan salah satu produk terbaru dari Yamaha yang meluncur tahun lalu tepatnya 2 desember 2019 di Indonesia. XSR 155 mengusung design new retro yang terinspirasi dari minat konsumen tanah air yang senang memodifikasi motor lebih cenderung ke arah style classic. Maka dari itu, Yamaha XSR 155 mengambil konsep dari Yamaha XS1 yang meluncur pada tahun 1970. Dengan tambahan huruf “R” yang berarti racing, jadi meskipun classic namun tetap memiliki gaya motor sport.

yamaha xsr 155 di jalan
Yamaha XSR 155 in Action di jalan – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Mesin XSR 155

Mesin Spesifikasi Detail

Tipe mesinLiquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Posisi silinderSilinder tunggal
Diameter x Langkah58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi11,6 : 1
Daya maksimum14.2 kW/ 10000 rpm
Torsi maksimum14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starterelektrik starter
Sistem pelumasanbasah
Kapasitas oli mesinTotal = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakarFuel Injection
Volume Silinder155 cc
Tipe KoplingWet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe TransmisiManual
Pola Pengoperasian Transmisi1-N-2-3-4-5-6
Sepedamotor.com Mesin Spesifikasi XSR 155

Spesifikasi XSR 155

Untuk performa mesinnya, XSR 155 memiliki kapasitas mesin 155cc, SOHC, 4-valves, serta berpendingin udara dengan tambahan teknologi VVA. Mesin yang sebelumnya masih karburator, sekarang sudah tergantikan dengan mesin FI (Fuel Injection). Yamaha XSR 155 mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kw pada 10.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Berkat teknologi tersebut, tarikan dari putaran bawah, menengah dan atas menjadi sangat halus dan nyaman saat berkendara. Yamaha sendiri mengembangkan teknologi VVA bertujuan agar mendapatkan tenaga dan torsi yang merata untuk setiap putaran.

Bagian yang paling mencuri perhatian tentu pada bagian depan yang menggunakan suspensi upside-down fork. Yamaha XSR 155 mendapatkan ban tubeless yang dual purpose berukuran 110/70 bagian depan dan 140/70 bagian belakang, sehingga tetap nyaman berkendara di medan adventure atau berkendara sehari-hari. Selain itu, terdapat tipe rangka Deltabox serta kopling assist & slipper clutch yang berasal dari teknologi racing milik Yamaha. Berkat kombinasi tersebut, XSR 155 mampu memberikan akselerasi yang sangat halus dan handling yang sangat gampang.

Desain Yamaha Retro XSR 155

Jika diperhatikan, body dan mesinnya memiliki kemiripan dengan yang terpasang pada Yamaha MT15, namun sedikit lebih adventure. Dari sisi body, desain tangki masih mempertahankan konsep classic dengan kapasitas 10.4 liter model drip shaped. Jadi ketika digunakan saat berkendara jarak jauh, tidak perlu bolak balik masuk pom bensin. Jok yang terpasang mengusung tema neo retro-classic dengan kulit sintetis yang sangat nyaman untuk berkendara sendiri atau berboncengan.

Pindah ke sisi desain lampu yang bulat dan telah menggunakan teknologi modern yakni Circle LED Lighting System pada bagian depan dan belakang. Lampu ini terbagi menjadi dua bagian atas dan bawah. Ketika kunci kontak dinyalakan, setengah lampu LED bagian atas akan menyala, ketika mesin dinyalakan penuh, seluruh lampu LED akan menyala. Bagian atas lampu untuk high beam sedangkan bagian bawah lampu untuk low beam.

Fitur Andalan

Selain itu, speedometer yang tersematkan juga sudah menggunakan teknologi Full LED dengan indikator transmisi. Pada tampilannya menggunakan negative display, jadi ketika motor menyala, latarnya gelap elegan namun tetap tidak menyulitkan pengendara untuk memantau. Pada speedometer ini juga telah lengkap dengan dua buah tombol di kiri dan kanan. Tombol tersebut berguna untuk menggerakan fungsi dari MID (Multi Information Display). Terdapat beberapa hal yang tampil pada panel instrumen milik XSR 155 seperti kecepatan, indikator bahan bakar, odometer, tripmeter, jam, konsumsi bahan bakar, dan rata-rata kecepatan pengendara. Nah yang paling unik kecerahannya juga bisa kita atur juga loh, keren bukan?

Salah satu fitur canggih dan eksklusif milik Yamaha adalah aplikasi My Yamaha yang tersedia pada Android maupun iPhone. Ini merupakan terobosan terbaru yang bertujuan untuk after sales Yamaha. Dengan ini pengendara dapat dengan mudah mengetahui kondisi terkini motornya, tahu bagian motor yang bermasalah, kapan motor harus servis, mencari dealer terdekat dan informasi penting lainnya seperti garansi motor.

yamaha xsr 155 speedometer
Speedometer – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Yamaha XSR 155 Modif

Akhir-akhir ini banyak pecinta motor retro atau cafe racer memodifikasi motor keluaran lama secara total. Seperti menambah beberapa fitur modern dengan tetap mempertahankan desain klasik. Maka tak heran kita cukup sering menjumpai komunitas motor klasik mulai dari kalangan muda hingga yang telah berumur.

Tapi bagi kamu yang menyukai motor bergaya retro-modern tapi tidak ingin repot-repot memodifikasi, kami sangat merekomendasikan XSR 155. Sepeda motor ini merupakan wujud sempurna dari motor klasik dengan tambahan teknologi modern serta yang paling penting harganya sangat terjangkau.

Yamaha XSR 155 merupakan idola para modifikator saat ini, karena menarik buat dirakit ulang. Salah satu workshop yang sudah menyediakan komponen custom plug & play untuk XSR yakni Custom Kit. Saat ini komponen yang tersedia untuk XSR 155 terdiri dari cover jok, side panel, aksen metal di bawah jok, ring speedometer, air scoop, cover headlamp dan cover mesin.

XSR 155 Warna

Pada saat XSR 155 tampil pertama kali di Thailand,  perusahaan asal Jepang ini menyediakan pilihan warna yang lebih beragam. Seperti Matte Silver Premium, Matte Green Wanderluce, Metallic White-Red Sport Heritage dan Matte Black Elegance.

Namun khusus untuk pasar Indonesia, Yamaha XSR 155 memiliki dua varian warna, yakni Silver dan Matte Black. Yordan Satriadi, Deputi GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sempat mengatakan bahwa varian warna Yamaha XSR 155 Indonesia akan ditambah jika memang permintaannya bertambah.

Tapi tenang, anda juga bisa membawanya ke dealer Yamaha untuk mengganti warna body atau komponen motor sesuai selera anda. Motor ini seperti Kawasaki W175, sama-sama menawarkan kemudahan dalam modifikasi dan custom.

warna yamaha xsr 155
Warna XSR 155 Silver dan Matte Black – Foto: Sepeda Motor Indonesia

Harga Yamaha XSR 155

Ngomongin soal harganya, Yamaha XSR 155 dapat kita peroleh seharga IDR 38,130,000 On The Road Bali. Cukup terjangkau bukan untuk sekelas motor seperti ini. Setelah mengetahui secara detail, apakah kamu mulai tertarik membelinya? Untuk tau lebih banyak berita tentang Yamaha dan berita terkini dari brand sepeda motor lainnya, pantau terus sepedamotor.com.

Baca juga detail Yamaha MT 15


Sepeda Motor Indonesia adalah portal berita dan informasi terlengkap mengenai dunia sepeda motor dan otomotif di tanah air. Diluncurkan dengan situs website www.sepedamotor.com pada tahun 2018, Sepeda Motor Indonesia merambah ke dunia media sosial dan Youtube pada tahun 2020 ini.

Dengan konsep “media online terlengkap di dunia otomotif” Sepeda Motor Indonesia akan berkolaborasi dengan brand-brand sepeda motor ternama di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, BMW, Ducati dan lainnya.

Akses semua informasi tentang Sepeda Motor Indonesia di:

Website: www.sepedamotor.com
Instagram: www.instagram.com/sepedamotorid 
Facebook: www.facebook.com/sepedamotorid 
YouTube: https://bit.ly/SMIYoutube