Kembaran Yamaha MX King 155 VVA Telah Hadir Di Vietnam, Indonesia Kapan?

January 7, 2021

Ada kabar gembira pada awal tahun ini. Yamaha secara resmi memperkenalkan Yamaha MX King generasi terbaru untuk pasar Vietnam kemarin dengan nama Yamaha Exciter 155 VVA.

Bukan tidak mungkin, sepeda motor mania di Tanah Air akan kedatangan Yamaha MX King 155 sebentar lagi, patut dinanti! Tanpa perlu lama-lama, yuk langsung kita kepoin secara detail apa yang terbaru di motor bebek satu ini.


Yamaha MX King 155 generasi berikutnya memiliki banyak perbedaan dari semua aspek. Mulai dari desain hingga komponen mekanis, Yamaha telah memperbarui model sepeda motor untuk tahun 2021 ini. Dimulai dari desainnya, Yamaha MX King 2021 mendapatkan desain fairing baru yang terlihat lebih ramping dan sporty. Agar sejalan dengan desain yang serba baru, desain lampu depan juga telah mendapatkan revisi.

Desain Yamaha MX King 155 VVA

Pada bagian depan, Yamaha MX King 155 baru juga mendapat sepasang saluran udara yang membuatnya terlihat lebih agresif. Pindah ke bagian belakang, Yamaha juga telah memperbarui desain lampu belakang. Bagian buntut kini lebih sempit, lebih panjang, dan LED model R1 melengkapi unit lampu belakang. Selain itu, desain jok dan desain spakbor juga telah mendapatkan revisi.

Rangka pada MX King yang baru ini juga mendapat desain ulang agar sesuai dengan mesin baru yang terpasang. Rangkanya sekarang memiliki kerah penguat berbentuk Y baru dan dudukan engine 4,5 mm yang lebih tebal. Yamaha mengatakan sasis baru sudah sangat optimal untuk meningkatkan kinerja saat menikung pada kecepatan tinggi.

Desain roda mirip dengan model sebelumnya. Namun, ban depan pada Yamaha MX King baru kini lebih besar. Sekarang ukuran untuk ban depan adalah 90/80 sedangkan untuk ban belakang adalah 120/70 yang membungkus roda 17 inci.

Secara dimensi, sepeda motor ini berukuran 1.975 mm × 665 mm × 1.085 mm (PxLxT). MX King baru meluncur dengan tinggi jok 795 mm, jarak bebas ke tanah 150 mm, dan bobot basah 121 kg. Kapasitas oli mesin adalah 1,10 liter dan bahan bakar terdapat dalam tangki 5,4 liter.

Yamaha MX King 155 VVA
Desain lampu depan Yamaha MX King 2021. Foto: Yamaha Motor Indonesia

Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA

Pembaruan paling penting adalah powertrain. Yamaha MX King 155 yang baru memiliki fitur mesin 155cc 4-tak, 4-katup, SOHC, VVA berpendingin cairan (Mirip dengan yang ada pada motor YZF-R15 dan MT-15). Dipadukan dengan gearbox 6-percepatan dengan kopling assist dan slipper, motor bebek tangguh ini menghasilkan tenaga 17,7 hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm pada 8.000 rpm.

Untuk pengereman, model baru ini tidak menggunakan ABS dan masih menggunakan rem cakram hidrolik pada bagian depan dan bagian belakang. Namun, Yamaha menawarkan kaliper 2 piston untuk varian Premium MX King. Garpu depan teleskopik serta monoshock pada bagian belakang masih menangani tugas untuk suspensi. Perjalanan suspensi depan telah mengalami peningkatan dari 90mm menjadi 100mm dengan menggunakan penyetelan mikro untuk efisiensi redaman yang lebih baik.

Pembaruan seputar Powertrain meliputi:

  • Pegangan kopling lebih pendek (lebih pendek 10 mm) jika kita bandingkan dengan pemetaan pengapian satu tingkat pada model 150cc. Yamaha MX King baru memiliki pemetaan pengapian 4 tingkat untuk masing-masing gigi guna memaksimalkan kinerja.
  • Piston berlapis karbon Diamond (DLC) untuk piston yang tahan lama dan ringan untuk akselerasi yang halus dan bertenaga.
  • Sudut injeksi bahan bakar berubah dari 15 menjadi 18 derajat. Jumlah lubang injeksi diubah dari 6 ke 10 lubang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan tenaga mesin. (YZF-R1 memiliki 12 lubang injeksi)
  • Sistem pemasukan udara baru yang lebih efisien – Kotak filter udara vertikal, manifold pemasukan aluminium yang lebih besar, badan throttle 28mm baru, dan katup masuk baru.
  • Sistem pembuangan yang ditingkatkan – katalis baru, bantalan fiberglass.

Fitur-FiturTerbaru

Yamaha MX King 155 baru mendapatkan cluster instrumen LCD penuh. Selain itu, varian premium mendapatkan smart lock (keyless) dari Yamaha yang sudah lengkap dengan fungsi answer-back terintegrasi untuk menentukan posisi motor. Tambahan juga, untuk varian premium mendapatkan soket pengisian 12V untuk mengisi daya perangkat pintar.

Jupiter MX King 2021
Desain body samping Yamaha MX kING 2021. Foto: Yamaha Motor Indonesia

Harga Yamaha MX King 155 VVA

Soal harganya, Yamaha MX King 155 VVA atau yang dikenal sebagai Yamaha Exciter 155 VVA di Vietnam memiliki 3 varian harga yang berbeda. Untuk tipe Standar 46,99 juta Dong (Rp 28,7 juta), tipe Premium 49,99 juta Dong (Rp 30,55 juta),  dan yang paling mahal tipe GP Edition yang dijual 50,49 juta Dong (Rp 30,85 juta). 

Untuk warnanya tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Orange Metallic, Matte Blue dan Matte Red. Kemungkinan ketika masuk Indonesia akan berhadapan dengan Honda Supra GTR 150 yang telah hadir dengan versi terbarunya di Vietnam.

Baca Juga Yamaha MX King 2019 Disini!