Benelli TRK 251 Indonesia 2020

Benelli TRK 251, Rekomendasi Touring Tanpa Bikin Dompet Jebol

November 10, 2020

Benelli TRK 251

Saat kondisi pandemi seperti sekarang ini memang bikin banyak riders yang harus tahan nafsu buat riding dan touring. Nah pada saat kondisi sudah pulih, Benelli TRK 251 barangkali bisa jadi mainan baru untuk jalan-jalan bersama teman-teman seperjuangan.

Belakangan ini nama Benelli cukup menyedot perhatian pasar sepeda motor Indonesia. Sebagai pemain baru, Benelli punya modal kuat dengan nama yang melekat sebagai motor Italia. Berada dalam kendali PT Benelli Motor Indonesia (BMI)—agen pemegang merek Benelli Indonesia, mereka berani menggebrak dominasi brand motor Jepang untuk pasar Tanah Air.

Dengan hadirnya Benelli TRK 251, persaingan motor sport adventure di Indonesia semakin berwarna. Lagi pula Ini bukanlah motor adventure sembarangan, tapi lebih seperti motor tourer jarak jauh sejati. Prototipe pra-produksi dari motor ini sendiri pertama kali unjuk gigi pada pameran EICMA Milan. Saat motor ini meluncur, terdengar desas desus akan menyaingi Royal Enfield Himalayan, BMW G 310 GS, dan Kawasaki Versys-X 300 pada pasar global.

Motor adventure 250 cc Benelli
Benelli TRK 251 merah dan putih. Foto: Benelli Motor Indonesia

Spesifikasi Benelli TRK 251

Spesifikasi Benelli TRK 251 tak bisa kita pandang sebelah mata. Menurut Benelli sendiri, TRK 251 sangat cocok untuk perjalanan jauh dengan medan yang sulit untuk motor biasa hadapi. Kemampuan touring motor ini mendapat support dari tangki bahan bakar 17 liter dan bobot trotoar yang relatif rendah yaitu 153 kg.

Performa Benelli TRK 251 terdapat pada mesin 249cc serta satu silinder yang baik untuk dapur pacunya. Menghasilkan tenaga maksimal 25,5 bhp pada 9.250 rpm bersama dengan torsi puncak 21,2 Nm, yang datang pada saat 8.000 rpm. Mesin ini sudah mendapatkan teknologi terbaru EFI, DOHC dan injeksi TLI. Terdapat pula mesin 4-katup dan berpendingin cairan. Semakin lengkap dengan injeksi bahan bakar yang ditemani dengan gearbox atau transmisi 6 kecepatan. Ini merupakan unit yang sama dengan motor Benelli TNT 25 gunakan sebelumnya. 

Dinamika touring jarak jauh mendapat bantuan dari garpu depan upside-down 41 mm yang lembut dengan travel suspensi 120 mm. Selain itu, mono-shock belakang yang dapat kita sesuaikan sebelumnya dengan wheel travel 51 mm. Sifat road-bias yang menonjol oleh velg 17 inci. Velg ini terpasang dengan ban tubeless 110/70 bagian depan dan 150/60 bagian belakang.

Benelli TRK 251 offroad
Benelli TRK 251 di medan offroad. Foto: Benelli Motor Indonesia

Desain dan Fitur

Beragam fitur-fitur canggih akan kita peroleh saat membeli motor ini. Memiliki desain maskulin dengan sisi desain yang manly dan sporty untuk pengendara dengan jiwa penakluk. Seperti khas motor touring pada umumnya, terdapat rak bagasi belakang untuk memasang kotak penyimpanan pada bagian atasnya. Selain itu juga mengedepankan gaya adventure yang punya ciri khas fairing menjorok ke depan.

Perusahaan asal Italia ini meningkatkan kecepatan motornya berkat bantuan cakram depan 280 mm dengan kaliper empat piston. Serta rotor belakang 240 mm dengan kaliper piston tunggal. Kabar baiknya, terdapat juga fitur anti-lock braking system (ABS) dua kanal.

Semakin gagah dengan tampilan lampu depan ultra modern. Lampu ini mendapat tambahan lampu LED dual projector yang menghasilkan pencahayaan optimal. Sisi lain dari motor ini, terdapat panel instrumen yang sangat elegan dengan teknologi full digital untuk sumber informasi berkendara. Kehadiran windscreen yang tinggi mengingatkan kita kepada CRF250 Rally. Tersedia juga colokan atau port USB yang mudah terkoneksi dengan smartphone. Semua kebutuhan riders jaman now untuk berpetualang sudah all in one pada motor adventure ini, maka tidak perlu ragu lagi bukan?

Spesifikasi Benelli TRK 251
Tampilan samping Benelli TRK 251 merah. Foto: Benelli Motor Indonesia

Harga Benelli TRK 251

Motor adventure yang debut pertama kali di Bali ini memiliki dua tipe yakni TRK 251 ABS dan TRK 251 non-ABS. Benelli TRK 251 sudah dapat kita peroleh pada dealer Benelli Indonesia dengan kisaran harga Rp 51 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Dengan dua varian warna, yakni hitam dan putih. Motor ini kabarnya akan berhadapan langsung dengan Kawasaki Versys-X 250 yang sudah duluan meluncur untuk pasar otomotif Tanah Air. 

Yuk Kenalan Juga Sama Benelli TRK 502