BMW Motorrad Vision DC Roadster - Konsep Motor ListrikBMW

BMW Memamerkan Konsep Motor Listrik Terbarunya, Seperti Apakah Tampilannya?

Juni 26, 2019

Pabrikan motor Jerman, BMW Motorrad terkenal dengan identitasnya yang khas mesin boxer 2-silinder. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini BMW telah berupaya semakin giat untuk meluncurkan sebuah motor listrik. Seperti apakah konsep motor listrik BMW?

Dalam acara bertajun NEXTGEn di Munich (25/6) BMW memamerkan konsep motor listriknya yang diberi nama BMW Motorrad Vision DC Roadster, sebuah naked bike dengan tenaga listrik.

“Mesin boxer adalah jantung dari BMW Motorrad – pendukung utama dari karakternya. Namun BMW Motorrad juga mewakili konsep kendaraan zero-emisions. Melihat hal tersebut, satu pertanyaan yang muncul adalah: apa yang akan terjadi jika kita mengganti mesin boxer dengan motor listrik dan menggunakan baterai? Vision Bike ini menunjukkan bagaimana kami dapat mempertahankan identitas dan penampilan ikonik BMW Motorrad dalam bentuk yang berbeda dan pada saat yang sama menghadirkan jenis kenikmatan berkendara yang baru, ”jelas Edgar Heinrich, Kepala Desain BMW Motorrad dalam keterangan persnya.

“Lagi pula: siapa pun yang pernah mencobanya tahu betul bahwa mengendarai kendaraan roda dua sama menggairahkannya saat menggunakan tenaga listrik! Tingkat torsi yang tinggi saat set-off menghasilkan akselerasi yang mendebarkan. Tenaga yang dihasilkan yang nyaris brutal ini memberikan sebuah pengalaman kinerja dinamis yang sama sekali baru. Dan BMW Motorrad Vision DC Roadster memberikan pengalaman ini.” tambahnya.

Sepeda motor BMW umumnya memiliki desain yang sebagian besar didominasi oleh mesin karena ukuran mesinnya yang besar sesuai kapasitasnya.

Sementara motor listrik dapat menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi dalam format yang jauh lebih kecil, sehingga desain sebuah sepeda motor listrik umumnya relatif kompak.

Pada motor konsep Vision DC Roadster BMW mengganti mesin boxer yang ikonik dengan motor listrik dan baterai yang dipasang secara lateral, dengan dua elemen pendingin di bagian samping terinspirasi dari mesin boxer BMW.

Tangki bahan bakar diganti dengan sebuah struktur tubular yang membentang di bagian utama kendaraan. Kemudian jok terintegrasi secara modern memberikan tampilan sporty. Menurut BMW struktur frame dari model ini merupakan faktor kunci dalam menentukan tampilan samping yang dinamis.

Frame terbuat dari aluminium dan serat karbon untuk mengurangi bobot sepeda motor listrik dan dengan demikian meningkatkan performanya.

Untuk melengkapi sepeda motor listriknya, BMW meluncurkan apparel yang berupa setelan jaket ringan dan celana hitam bergaya kasual, juga berisi rompi ransel yang menempel pada jaket menggunakan magnet.

BMW Motorrad sendiri belum merilis spesifikasi apapun untuk Vision DC Roadster dan belum ada keterangan jelas kapan sepeda motor ini akan diproduksi atau dirilis di pasaran.

Foto-foto konsep motor listrik Vision DC Roadster

Konsep  Motor Listrik BMW - Vision DC Roadster