Motor Sport Listrik Kymco 2019 - SuperNEX

Kymco Memperkenalkan Motor Sport Listrik di EICMA

November 8, 2018

Kwang Yang Motor Company (KYMCO) dikenal sebagai produsen skuter, ATV dan sepeda motor kecil. Perusahaan ini juga belakangan merilis sebuah model skuter listrik dan mengembangkan protokol baterai standar.

Pabrikan otomotif asal Taiwan ini kini memperluas jangkauannya dengan meluncurkan sebuah superbike listrik-nya yang pertama. Sepeda motor sport listrik ini pertama kali dipamerkan di EICMA 2018 di Milan.

Electric Supersport Motorcycle.

Kymco Electric Supersport Motorcycle
Photo: Kymco

Sepeda motor listrik Kymco yang baru ini diberi nama SuperNEX Electric Superspot, yang merupakan perpaduan motor “listrik” dan “supersport” yang menawarkan performa tinggi dan segala yang diimpikan setiap pengendara.

Menurut Kymco, SuperNex dapat ber-akselerasi dari kecepatan 0 – 100km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik; 0 – 200 km/jam hanya dalam 7,5 detik; dan 0 – 250 km/jam hanya dalam 10,9 detik.

Transmisi 6 percepatan memungkinkan rider memanfaatkan power band yang paling optimal dari motor untuk mengekstrak potensi kendaraan secara penuh.

Tak hanya meningkatkan efisiensi dan responsivitas, roda gigi juga meningkatkan akselerasi dan kecepatan tertinggi.

SuperNEX dilengkapi dengan sistem Kymco FEP (Full Engagement Performance) yang mengelola peluncuran, akselerasi, dan traksi maksimum.

Dengan FEP, pengendara dapat selalu melakukan peluncuran yang sempurna. Selama akselerasi, FEP memastikan tidak ada roda selip.

Selama pengereman, FEP mencegah roda belakang terangkat. Saat berkendara melalui permukaan yang tidak rata atau basah, FEP memberikan traksi maksimum.

Selain itu, tingkat keterlibatan FEP dapat disesuaikan sesuai keinginan pengendara.

Sensasi supersport untuk penggemar motor besar.

Kymco Electric Supersport Motorcycle
Photo: Kymco

Seperti diketahui motor listrik tidak bising seperti motor konvensional, sehingga banyak rider beranggapan bahwa sebuah motor besar yang tidak mempunyai noise mengurangi gairah berkendara.

Dengan pertimbangan tersebut Kymco menyematkan fitur Active Acoustic Motor system pada SuperNEX untuk meningkatkan kepuasan berkendara.

Diklaim sebagai yang pertama di dunia, yakni perangkat pembangkit multi frekuensi yang akan menyajikan suara motor yang dinamis dan dapat di atur sesuai keinginan pengendara.

Model yang dihadirkan di EICMA ini masih berupa purwarupa, dan belum ada keterangan lebih lengkap mengenai output daya, kapasitas baterai, harga maupun kapan model ini akan dilepas di pasaran.